Minggu, 15 Mei 2011

KEGIATAN EKONOMI, BADAN USAHA, & WIRAUSAHA

KEGIATAN EKONOMI

Dalam melakukan aktivitas ekonomi, pada umumnya manusia dihadapkan pada tiga masalah pokok perekonomian.
1. Barang apa yang diproduksi?
2. Bagaimana memproduksinya ?
3. Untuk siapa barang itu diproduksi ?
Untuk menjawab ketiga masalah itu manusia melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran dengan menetapkan pilihan yang setepat-tepatnya. Kegiatan ekonomi yang utama ada 3 macam yakni : Produksi, Konsumsi, dan Distribusi.

A. Produksi
Produksi ialah kegiatan manusia menghasilkan barang atau menambah daya guna barang dan jasa.
Contoh kegiatan produksi antara lain : dalam bidang pertanian misalnya, petani mengerjakan sawah. Dalam bidang perikanan misalnya, nelayan menangkap ikan. Dalam bidang industri misalnya, pembuatan roti, minuman. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
B. Konsumsi.
Konsumsi ialah pemanfaatan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan, sehingga kegunaan barang atau jasa itu secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis.
Contoh kegiatan konsumsi : yang sekaligus habis makanan, minuman. Yang berangsur-angsur habis kegunaannya : menggunakan baju, tas, sepatu, dan lain-lain. Orang yang melakukan kegitan konsumsi disebut konsumen.
C. Distribusi.
Distribusi ialah kegiatan usaha penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.
Contoh kegiatan distribusi : barang-barang hasil industri, kebanyakan dibuat di kota, tetapi orang-orang di desa juga membutuhkan barang tersebut seperti : kendaraan, kosmetik, sabun, TV, dan lain-lain. Untuk itu barang barang tersebut harus dibawa ke desa lewat saluran distribusi seperti : pedagang, agen, grosir dan lain-lain. orang-orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Berdasarkan pelakunya kegiatan ekonomi dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
1. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh keluarga/rumah tangga. Contoh, belanja, menabung, dan lain-lain.
2. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan. Contoh, membeli bahan baku, melakukan proses produksi, menjual hasil produksi, dan lain-lain.
3. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh negara atau pemerintah. Contoh, pelayanan jasa PT KAI, PT. Telkom, Pembayaran gaji pegawai dan lain-lain.

Tindakan ekonomi adalah semua usaha manusia oleh pilihan yang baik dan paling menguntungkan.
Contoh tindakan ekonomi adalah :
a. Memilih kain yang bagus dan murah harganya dibanding yang lain.
b. Pergi ke sekolah memilih naik angkot daripada naik ojek yang lebih murah.
c. Ibu belanja di pasar pagi untuk memperoleh sayur yang masih segar.

KONSUMSI

Aspek positif perilaku konsumtif (dilihat dari sisi konsumen) :
• Kebutuhan dan keinginan akan barang atau jasa terpenuhi.
• Timbul rasa kepuasan pada dirinya.
• Dengan membeli barang baru tersebut, pengalaman dan wawasannya bertambah, misalnya membeli komputer, VCD, alat rumah tangga yang modern, dan lain-lain.
• Memberi rasa kemudahan dan kenyamanan. Misalnya, membeli motor atau mobil akan memperlancar dalam bepergian atau pergi ke tempat kerja.

Aspek positif perilaku konsumtif (dilihat dari sisi produsen) :
• Omzet penjualan barang akan terpenuhi atau tercapai karena banyaknya pembeli.
• Barang yang dijual akan cepat habis.
• Kegiatan produksi akan semakin lancar.
• Dapat menunjang kelangsungan hidup perusahaan.
• Keuntungan yang diharapkan dapat tercapai.

Aspek negatif perilaku konsumtif (dilihat dari sisi konsumen) :
• Terjadinya pemborosan.
• Munculnya sifat konsumerisme, yaitu gaya hidup yang selalu membelanjakan uang dan menganggap barang sebagai ukuran kesenangan.
• Menimbulkan permasalahan baru dalam rumah tangga keluarga, misalnya, timbulnya hutang, keretakan keluarga karena soal keuangan, dan tidak terpenuhinya kebutuhan pokok yang lain.





Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi/pengeluaran :
a) Jumlah anggota keluarga.
b) Tingkat pendapatan.
Semakin tinggi pendapatan seseorang, semakin tinggi pula konsumsi yang ia lakukan. Hal ini sesuai dengan Hukum Engels, yang menyatakan : “Makin kecil pendapatan seseorang akan makin besar bagian dari pendapatan yang digunakan untuk konsumsi. Dan sebaliknya, makin besar pendapatan akan makin kecil bagian dari pendapatan yang digunakan untuk konsumsi.”

Frederich Engels adalah seorang ekonom dari Jerman yang mengemukakan hubungan antara pendapatan dan konsumsi. Dan konsumsi harus dikaitkan dengan tabungan yang dirumuskan sebagai berikut :

                                                                             Y = C + S

Keterangan :
Y = income (pendapatan)
C = consumption (konsumsi)
S = saving (tabungan)

Untuk lebih jelas memahami hukum tersebut, berikut ini diberikan contoh soal.
1) Amir diberikan uang saku (pendapatan) dari ibunya Rp. 2000. Dengan uang itu Amir membeli makanan dan minuman (konsumsi) Rp. 1500, dan sisanya Rp. 500 ditabung.
2) Budi diberi uang saku (pendapatan) dari ibunya Rp. 3000, dibelikan makanan dan minuman (konsumsi) Rp. 2100 dan sisanya ditabung Rp. 900.
3) Candra diberikan uang saku (pendapatan) dari ibunya Rp. 4000 dibelikan makanan dan minuman (konsumsi) Rp. 2.400 dan sisanya ditabung Rp. 1600.

Contoh tersebut jika dituliskan menurut rumus di atas, akan tampak sebagai berikut :
1) 2000 = 1500 + 500 artinya bagian pendapatan yang dikonsumsi sebesar 75 % dan yang ditabung 25 %.
2) 3000 = 2100 + 900 artinya bagian pendapatan yang dikonsumsi sebesar 70 % dan yang ditabung 30 %.
3) 4000 = 2400 + 1600 artinya bagian pendapatan yang dikonsumsi sebesar 60 % dan yang ditabung 40 %.

Dari ketiga contoh tersebut berarti semakin besar pendapatan maka bagian pendapatan yang dikonsumsi semakin menurun, yaitu 75 %, 70 %, dan 60 %.

c) Harga barang
Tingkat konsumsi dalam keluarga juga tergantung dari persediaan barang yang ada di pasaran. Jika harga naik, sedangkan pendapatan tetap maka tingkat konsumsi akan turun. Sebaliknya, jika harga barang turun dan pendapatan tetap maka tingkat konsumsi akan naik. Perhatikan contoh berikut.
Ibu selalu membuat sayur dengan daging. Karena krisis moneter, harga daging naik sehingga masakan digantin dengan ikan yang harganya lebih murah. Atau biasanya ibu setiap hari membeli 2 kg telur, karena harga telur naik maka telur yang bisa terbeli hanya 1 kg. Namun demikian, jika harga barang turun kembali, tingkat konsumsi juga akan naik.
d) Persediaan barang.
e) Lingkungan tempat tinggal.
f) Agama dan sosial budaya (adat istiadat).
g) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
h) Keinginan berkompetisi dengan orang lain.
i) Keadaan/situasi yang tak terduga.

PRODUKSI

Produksi menurut ilmu ekonomi adalah setiap kegiatan yang dilakukan manusia untuk menghasilkan/menaikkan nilai kegunaan barang/jasa.

Tujuan kegiatan produksi antara lain :
a) Menghasilkan/menciptakan suatu barang
b) Menambah serta meningkatkan nilai guna barang yang sudah ada
c) Memenuhi kebutuhan manusia
d) Memperoleh tambahan penghasilan untuk mendapatkan alat pemuas lainnya.









Jenis-jenis usaha yang memerlukan produksi

Kegiatan usaha berdasarkan bidangnya dapat dibagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah :
1. Usaha Ekstraktif
Usaha ekstraktif merupakan usaha yang dilakukan dengan cara eksplorasi sumber daya alam tanpa mengubah wujud barang produksi tersebut. Contohnya, tambang pasir, emas, batu bara, minyak bumi, dan perak. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber daya alam.
2. Usaha Jasa.
Usaha jasa merupakan kegiatan produksi alat pemenuhan kebutuhan berupa jasa tertentu. Adapun hasil produksi dari jasa tidak dapat dilihat maupun diraba seperti barang, melainkan hanya dapat dirasakan berupa kepuasan konsumen akan pelayanan jasa tersebut. Contoh produksi jasa antara lain : perawatan kecantikan, asuransi, penginapan, pariwisata, telekomunikasi, dan aneka produk jasa lainnya.
3. Usaha Agraris.
Negara Indonesia merupakan negara agraris yang terdiri dari banyak daratan dengan usaha-usaha pertanian. Adapun usaha agraris, yaitu usaha yang bergerak dengan cara mengelola tanah dan hewan untuk menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan manusia. Hasil produksi agraris misalnya beras, jagung, kedelai, dan berbagai ternak yang menjadi bahan pokok manusia untuk memperoleh makanan. Contoh dari produksi agraris, yaitu perkebunan, pertanian, perikanan, dan peternakan.
4. Usaha Perdagangan.
Usha perdagagan merupakan usaha mencari keuntungan dengan cara menjualbelikan barang dagangan tanpa mengubah wujud dari barang dagang tersebut. Dengan kata lain tidak terjadi proses produksi dari bahan mentah ke barang jadi. Pedagang hanya memperjualbelikan barang yang telah diproduksi oleh produsen. Keuntungan perdagangan diproleh dari selisih harga beli dengan harga jual barang. Bentuk perdagangan sering kamu lihat seperti kios, warung, supermarket, dan pusat perniagaan (mall).
5. Usaha Industri
Usaha industri berupa kegiatan produksi yang menghasilkan barang maupun jasa dengna cara mengolah bahan mentah yang kemudian diproses menjadi bahan jadi. Adapun contoh dari industri seperti ini seperti pabrik sepatu, makanan dan minuman kaleng serta tekstil.

Sumber Daya Ekonomi (Faktor-Faktor Produksi)

Dalam menjalankan kegiatan produksi, manusia tidak hanya mengandalkan tenaga kerja saja, tetapi ia juga memerlukan alat atau sesuatu yang disebut dengan sumber daya ekonomi atau faktor produksi. Sumber daya ekonomi atau faktor produksi adalah sesuatu yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan produksi.

Pada garis besarnya sumber daya ekonomi dikelompokkan menjadi empat macam yaitu :
1. Sumber Daya Alam (SDA).
Alam telah menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi. Sumber daya ekonomi alam meliputi :
a) Tanah.
Merupakan faktor produksi yang sangat penting dalam setiap produksi karena tanah dibutuhkan sebagai tempat usaha.
b) Air
Merupakan faktor produksi yang sangat diperlukan di berbagai sektor produksi. Misalnya, untuk daerah pertanian, peternakan, dan sebagainya.
c) Udara dan iklim
Udara dan iklim sangat penting untuk kegiatan produksi karena akan mempengaruhi manusia dalam melakukan berbagai kegiatan.
d) Panas matahari.
Panas matahari juga merupakan faktor produksi yang sangat penting bagi kegitan produksi. Contohnya, pabrik kopra, penggilingan padi, dan sebagainya.
e) Barang tambang/mineral.
Barang tambang/mineral adalah semua sumber kekayaan alam yang terkandung di dalam tanah. Contohnya, biji besi, minyak bumi, batu bara, dan sebagainya.
2. Sumber Daya Manusia (SDM).
Tenga kerja merupakan sumber daya ekonomi yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan produksi. Sumber daya ekonomi tenaga kerja ini sangat penting dalam kegiatan produksi. Tenaga kerja dapat digolongkan menurut sifatnya dan tingkatannya.
a) Menurut sifatnya, tenaga kerja dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu tenaga kerja jasmaniah dan rohani.
• Tenaga kerja jasmani yaitu tenaga kerja yang lebih banyak menggunakan tenaga jasmani, seperti : kuli bangunan, tukang sepatu, kuli panggul, dan sebagainya.
• Tenaga kerja rohani yaitu tenaga kerja yang lebih banyak menggunakan pemikiran, seperti : dokter, guru, hakim, dan sebagainya.








b) Menurut tingkatannya, tenga kerja dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu :
• Tenaga kerja terdidik (skill labour), yaitu tenaga kerja yang memerlukan pendidikan formal terlebih dahulu. Contohnya, arsitek, dokter, apoteker, guru, hakim, dan sebagainya.
• Tenaga kerja terlatih (trained labour), yaitu tenaga kerja yang memerluka latihan atau praktek terlebih dahulu. Contohnya, supir, tukang las, montir, dan sebagainya.
• Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih (unskilled labour), yaitu tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan/latihan terlebih dahulu. Contohnya, tukang sapu, pesuruh, kuli panggul, dan sebagainya.
3. Sumber Daya Ekonomi berupa Modal.
Modal adalah semua barang yang digunakan untuk kegitan produksi. Barang-barang modal terbentuk atau timbul sebagai hasil kombinasi antara alam dengan tenaga kerja. Oleh karena itu, sumber daya ekonomi modal sering disebut dengan faktor produksi turunan. Pada mulanya manusia, membuat barang modal berupa, tombak, kail, jala, cangkul, dan lain-lain yand sifatnya masih sangat sederhana. Dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, barang-barang modal berkembang menjadi beraneka ragam dan semakin canggih. Contohnya, gedung-gedung, mesin-mesin, jalan raya, mobil, kapal, kereta api, pesawat, dan sebagainya.
Secara garis besar modal dapat digolongkan sebagai berikut :
a) Menurut sifatnya, modal digolongkan menjadi dua macam, yaitu :
• Modal tetap. Yaitu modal yang dapat dipergunakan berulang-ulang dalam proses produksi. Contohnya, mesin, gedung, mobil, jalan raya, dan sebagainya.
• Modal lancar. Yaitu modal yang hanya dipakai dalam satu kali proses produksi. Contohnya, uang, bahan baku, bahan penolong, dan sebagainya.
b) Menurut fungsinya, modal dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu :
• Modal perseorangan (modal privat) yaitu modal yang dimiliki oleh perseorangan sebagai sumber penghasilan tanpa harus bekerja. Contohnya, simpanan di bank, rumah yang dikontrakkan, saham, tanah yang disewakan, dan sebagainya.
• Modal masyarakat (modal sosial). Yaitu modal yang dapat dipergunakan oleh masyarakat luas. Contohnya, pasar, jalan raya, gedung sekolah, dan sebagainya.
c) Menurut sumbernya, modal dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu :
• Modal sendiri yaitu modal yang berasal dari pemiliknya. Contohnya, saham bagi perseroan terbatas, modal sekutu aktif bagi firma, dan persekutuan komanditer. Apabila perusahaan menderiata kerugian, modal sendiri akan digunakan untuk melunasi kerugiannya.
• Modal asing yaitu modal yang berasal dari pihak lain. Contohnya, pinjaman dari bank atau penjualan obligasi. Apabila perusahaan menderita kerugian, modal ini tidak menanggung kerugian dan punya hak untuk dikembalikan kemudian.
d) Menurut bentuknya atau wujudnya, modal dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu modal nyata dan modal abstrak.
• Modal nyata yaitu modal yang berupa barang atau uang yang dipergunakan dalam proses produksi. Contohnya mesin, bahan mentah, dan uang.
• Modal abstrak (tidak nyata), yaitu modal yang tidak dapat dilihat atau diraba, tetapi manfaatnya sangat besar, misalnya, nama baik perusahaan, lokasi yang strategis, dan merek dagang.
4. Sumber Daya Ekonomi berupa Kewirausahaan (pengusaha).
Sumber daya ekonomi alam, tenaga kerja, dan modal tidak akan membuahkan hasil yang maksimal bila tidak diorganisir secara profesional oleh tenaga ahli. Orang yang ahli dalam mengorganisasi atau mengombinasikan sumber daya ekonomi disebut wirausaha.
Keahlian dalam kewirausahaan meliputi 3 (tiga) macam, yaitu :
• Keahlian memimpin (managerial skill)
• Kehalian teknologi (technology skill)
• Keahlian mengorganisasi (organizational skill)

Kegiatan yang dilakukan kewirausahaan ada empat, yaitu :
a. Perencanaan (planning) merupakan kemampuan untuk menyusun rencana kerja yang jelas dan tepat.
b. Mengorganisasikan (organizing) merupakan pengadaan pembagian tugas, mengatur tata cara kerja, waktu kerja, wewenang serta tanggungjawab terhadap bawahannya.
c. Menggerakkan (actuating) adalah mampu melaksanakan rencana kerja denga menggerakkan/menggunakan bantuan orang lain, dengan alat yang tersedia, guna memperlancara proses produksi.
d. Pengawasan (controlling) yaitu melaksanakan pengawasan dan penilaian sehingga dapat memperbaiki kekurangan dan kesalahan dalam proses produksi.

Etika Ekonomi adalah cara kita memanfaatkan faktor-faktor produksi yang ada dengan sebaik-baiknya agar memberikan keuntungan dan tidak merugikan orang lain. Contoh etika ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya adalah sebagai berikut :
• Pemanfaatan sumber daya alam, pengelola harus melakukan usaha :
1) Menjaga kelestarian alam.
2) Tidak mencemari lingkungan.
3) Memperhatikan kebutuhan generasi yang akan datang.







• Pemanfaatan sumber daya manusia, pengelola mempunyai kewajiban memperhatikan :
1) Perkerjaan harus disesuaikan dengan keahlian dan keterampilan.
2) Waktu/jam kerja sesuai ketentuan undang-undang tenaga kerja.
3) Melaksanakan upah minimum regional.
4) Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan pegawai dan keluarganya, dan
5) Menghindari penggunaan tenaga kerja di bawah umur.

Peningkatan jumlah hasil produksi bisa dilakukan dengan cara :
1) Intensifikasi. Artinya peningkatan hasil produksi dengan cara meningkatkan kualitas pengelolaan atau mendayagunakan sumber daya ekonomi yang ada secara maksimal. Contohnya di bidang pertanian dengan panca usaha tani, yaitu : pemilihan bibit unggul, pengolahan yang baik, pengairan yang teratur, pemupukan yang cukup, dan pemberantasan hama. Sementara meningkatkan mutu hasil produksi, dilakukan dengna meningkatkan kualitas bahan, kualitas tenaga kerja, dan kualitas pengawasan sehingga hasilnya menjadi lebih bermutu.
2) Ekstensifikasi. Artinya peningkatan hasil produksi dengan menambah sumber daya ekonomi yang ada. Contohnya, memperluas lahan pertanian atau menambah mesin dan tenga kerja.
3) Diversifikasi. Artinya meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi dengan cara melakukan penganekaragaman hasil produksi.
4) Mekanisasi. Artinya meningkatkan hasil produksi dengan cara menggunakan mesin dalam arti mengganti tenaga manusia dengan mesin. Misalnya di sektor pertanian, pengolahan tahan dengan tenaga manusia digantikan dengan menggunakan mesin traktor dan sebagainya.

Tujuan peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi adalah sebagai berikut :
• Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik kuantitas maupun kulitas barang.
• Untuk mencapai kapasitas produksi yang maksimal.
• Meningkatkan pendapatan masyarakat melalui penyaluran dan penjualan barang hasil produksi.

DISTRIBUSI

Distribusi yaitu serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan usaha penyampaian/penyaluran barang/jasa dari produsen kepada konsumen. Orang atau lembaga yang menjalankan fungsinya dalam distribusi disebut distributor.

Kegiatan distribusi bertujuan untuk :
a. Pemerataan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai daerah.
b. Menstabilkan harga barang/jasa.
c. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
d. Menjaga kesinambungan kegiatan produksi, serta
e. Mempercepat sampainya hasil produksi ke tangan konsumen.

Sistem distribusi adalah usaha yang ditempuh oleh produsen maupun distributor melalui unsur-unsur yang terkait dalam penyaluran barang atau jasa agar sampai ke konsumen. Sistem distribusi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
1. Sistem Distribusi Langsung.
Sistem distribusi langsung yaitu produsen menjual atau menyalurkan hasil produksinya baik berupa barang maupun jasa, langsung ke konsumen. Misalnya, petani sayur menjual sendiri sayurannya ke konsumen tanpa melalui pedagang, nelayan setelah menangkap ikan di laut langsung membawa dan menjual ke pasar, dokter menjual jasanya langsung kepada pasien di tempat praktek. Jadi, produsen langsung berhubungan atau berhadapan dengan pembeli atau konsumen.


2. Sistem Distribus Semi Langsung.
Pada sistem distribusi ini, produsen menyalurkan atau menjual barang/hasil produksinya melalui toko milik produsen sendiri. Misalnya, pabrik sepatu “vera” menjual hasil produksinya melalui toko sepatu “vera”.


3. Sistem Distribusi Tidak Langsung.
Sistem distribusi tidak langsung yaitu produsen menyalurkan atau menjual barang/jasa hasil produksinya ke konsumen melalui lembaga atau pedagang perantara. Misalnya, melalui agen, grosir/pedagang besar, dan pedagang eceran.

Cara-Cara Distribusi (Saluran Distribusi)

Untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen digunakan badan perantara. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu :
1. Penyaluran barang/jasa melalui pedagang.
Barang yang diproduksi oleh produsen atau barang yang didatangkan dari luar negeri melalui importir, disalurkan melalui pedagang besar yang kadang-kadang bertindak sebagai agen. Selanjutnya pedagang besar menjual kepada pedagang kecil, dan pedagan kecil menjualnya kepada konsumen atau orang yang membutuhkan dengan cara eceran.
2. Penyaluran barang/jasa melalui koperasi.
Koperasi berusah memenuhi kebutuhan anggota-anggota atau masyarakat di sekelilingnya.
3. Penyaluran barang/jasa melalui toko milik produsen sendiri atau milik agen.
Produsen yang memiliki toko atau show room, dapat menjual hasil produksinya kepada konsumen melalui toko atau show room milik produsen tersebut atau melalui agen yang ditunjuk dan memiliki toko tersebut.
4. Penyaluran barang/jasa melalui penjualan dari rumah ke rumah (door to door).
Penjualan hasil produksi dilakukan produsen dengan cara berkeliling kampung, dari pintu rumah yang satu ke pintu rumah yang lainnya. Ia berkeliling kampung untuk menawarkan barang hasil produksinya kepada konsumen atau rumah tangga yang membutuhkan. Adapun petugasnya disebut salesman.
5. Penyaluran barang/jasa melalui penjualan di tempat tertentu yang ditetapkan pemerintah.
Ada beberapa tempat yang disediakan pemerintah yang ditetapkan untuk menyalurkan barang/jasa hasil produksi tertentu. Tempat tersebut misalnya pasar, pedagang kaki lima, tempat pelelangan ikan, kompleks kios atau toko yang dibangun pemerintah.
6. Tempat lain yang dapat dipakai untuk menyalurkan barang/jasa.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produsen dalam memilih dan menentukan saluran distribusi antara lain.
a) Sifat barang dan jasa yang diperdagangkan.
b) Jangkauan distribusi dan sasaran “daerah penjualan”.
c) Modal yang harus disediakan, yang ada kaitannya dengan hak dan kewajiban dalam penjualan barang.
d) Alat komunikasi.
e) Biaya pengangkut barang dan jasa.
f) Tingkat keuntungan.

Lembaga Distribusi

Untuk menyalurkan barang dan jasa hasil produksi dari produsen kepada konsumen secara tidak langsung, diperlukan badan-badan perantara atau lembaga-lembaga distribusi sebagai berikut :
A. Pedagang
Pedagang adalah orang atau badan yang membeli barang dari produsen baik secara langsung maupun melalui perantara dan kemudian menjualnya kepada konsumen. Para pedagang ini biasanya mempunyai tempat berdagang (toko, warung, atau kios) dan gudang tempat penyimpanan persediaan barang yang akan dijualnya.

Ada beberapa macam jenis pedagang, yaitu sebagai berikut :
1) Pedagang besar/grosir (whole seller).
Pedagan yang melaksanakan jual beli barang dagangan dalam jumlah besar. Ia membeli barang langsung dari produsen dalam jumlah besar, kemudian menjual barang itu dalam jumlah besar pula kepada para pedagang eceran, pemilik kios, toko, atau warung. Agar kegiatan perdagangan berjalan lancar dan laris maka pedagang besar perlu mencari dan mempunyai langganan.
2) Pedagang kecil (retailer).
Pedagang yang melaksanakan jual beli barang dagangan dengan jumlah kecil atau eceran. Ia membeli barang dagangan dari pedagang besar, kemudian menjualnya kepada konsumen yang membutuhkan secara eceran.
3) Pedagang barang-barang khusus (specially selling).
Pedangan yang menjual barang-barang produksi tertentu saja atau barang-barang khusus. Seperti pedagang barang-barang antik, barang-barang elektronik, sepatu berbagai merek, buku-buku, alat tulis kantor dan lain-lain.
4) Pedagang jasa/biro jasa.
Pedangan yang ingin memberikan pelayanan atau membantu mengusahakan tiket menyediakan alat angkutan, atau bentuk pelayanan lainnya seperti asuransi, bank, angkutan darat, laut atau udara, salon kecantikan dan lain-lain.

B. Agen (Dealer).
Agen adalah orang atau badan sebagai perantara yang bertugas menjualkan barang dagangan hasil produksi milik produsen tertentu kepada konsumen atau mempertemukan penjual/produsen dengan pembeli/konsumen. Agen tidak memiliki barang dagangan sendiri, karena itu ia tidak menerima keuntungan dari hasil penjualan ini, tetapi menerima komisi dari pihak produsen atau konsumen (penjual atau pembeli).

Ada beberapa macam bentuk kegiatan keagenan, yaitu :
1) Agen Penjualan.
Orang atau badan yang kegiatannya menjualkan barang hasil produksi milik produsen tertentu kepada konsumen atau kepada pedangang (warung, kios, dan toko). Dalam kegiatan ini agen memperoleh penghasilan berupa komisi dari produsen. Makin banyak barang yang terjual, semakin besar komisi yang diperolehnya. Contohnya, agen motor, mobil, obat-obatan, dan sebagainya.
2) Agen pembelian.
Agen pembelian adalah orang atau badan yang kegiatannya membeli barang-barang hasil produksinya dari produsen untuk para pembeli/konsumen yang membutuhkan di suatu daerah tertentu.

C. Makelar
Makelar adalah orang atau badan yang bertindak sebagai perantara yang kegiatannya menjualkan atau membelikan barang bukan atas nama sendiri tetapi atas nama pemilik/penjual atau pembeli barang yang diperdagangkan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah berbentuk kurtasi (prosentase keuntungan penjualan bagi makelar). Contohnya, makelar tanah menjadi perantara antara pemilik tanah dengan pembeli tanah. Tugas makelar tersebut mencari pembeli tanah sehingga pemilik hanya tinggal menerima hasil penjualan dari makelar tersebut.

D. Komisioner
Komisioner adalah orang/badan sebagai perantara dalam perdagangan yang kegiatannya menjual atau membeli barang dagangan yang bertindak atas nama sendiri, tetapi barang itu untuk orang lain. Ia bertanggungjawab atas tindakan yang dilakukannya. Hasil yang diperolehnya disebut komisi.

E. Lembaga-Lembaga Distribusi Lain.
Beberapa lembaga distribusi lain yang lazim terdapat di masyarakat saat ini seperti koperasi, supermarket, toko swalayan, pedagan kaki lima, biro jasa angkutan/transportasi.

F. Eksportir dan Importir.
Eksportir adalah lembaga/badan yang melaksanakan usaha mengirimkan barang ke negara lain yang membutuhkan. Sementara importir adalah badan/lembaga yang mengusahakan/mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kegiatan ekspor dan impor adalah kegiatan yang dilakukan dalam perdagangan internasional.

Tugas distribusi, yaitu :
a) Pembelian yaitu pengadaan barang dengan jalan membeli dari produsen atau melalui agen/perantara
b) Penyortiran dan pembakuan, yaitu kegiatan pengelompokan barang yang dibeli sesuai dengan jenis ukuran dan mutunya.
c) Penggudangan yaitu melakukan kegiatan penyimpanan barang-barang di gudang setelah pembelian untuk sementara, sebelum barang tersebut disalurkan atau dijual.
d) Pengangkutan yaitu proses persiapan armada angkutan dan pemindahan barang sejak pembelian sampai ke gudang, dan dari gudang sampai ke daerah-daerah konsumen. Kegiatan lain mengenai pengangkutan adalah pemeliharaan atau perawatan kendaraan sehingga dapat digunakan dengan aman, lancar, tepat waktu, dan biaya relatif murah.
e) Promosi yaitu kegiatan memperkenalkan barang yang akan dijual melalui pemasangan iklan di surat kabar, majalah, radio, dan televise. Melalui promosi, masyarakat konsumen akan menjadi lebih dikenal secara luas dan menarik minat mereka untuk membelinya.
f) Penjualan yaitu kegiatan menyalurkan atau menjual kembali barang-barang atau jasa ke konsumen dengan harapan mendapatkan laba/keuntungan.
g) Penanggungan resiko (asuransi) yaitu jaminan perusahaan terhadap barang dengan maksud bilamana terjadi resiko atas barang tersebut, perusahaan akan mendapatkan ganti rugi. Jenis asuransi yang diperlukan, misalnya, asuransi kebakaran dan kecelakaan di perjalanan, atau asuransi perampokan.
h) Pembiayaan. Dalam kegiatan distribusi tidak terlepas dari masalah biaya/jasa. Ibarat tubuh manusia, dana merupakan darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh, oleh karena itu pembiayaan sangat penting dalam kegiatan distribusi. Dana yang diperluakan bisa berasal dari modal sendiri dan juga dapat berasal dari pinjaman (modal asing).


PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA


Istilah perusahaan berasal dari kata kerja usaha, yang berarti setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia untuk memperoleh sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam rangka mencapai kesejahteraan atau kemakmuran yang dikehendaki. Jadi, perusahaan adalah tempat berlangsungnya proses kegiatan atau produksi dengan cara memadukan sumber daya ekonomi sehingga menghasilkan suatu barang atau jasa. Oleh pemilik perusahaan, hasil produksinya kemudian dijual ke masyarakat dengan mengharapkan laba atau keuntungan.

Pengelolaan atau manajemen perusahaan dapat dipegang oleh perorangan maupun beberapa orang secara bersama-sama melalui suatu bentuk badan usaha. Dari keterangan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian perusahaan berbeda dengan badan usaha. Perusahaan adalah tempat berlangsungnya penggabungan sumber daya ekonomi (faktor produksi) untuk menghasilkan barang atau jasa. Sementara itu, badan usaha adalah organisasi ekonomi dan hukum yang menyelenggarakan perusahaan dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba. Jadi, ada kemungkinan sebuah badan usaha memiliki perkebunan kelapa sawit, sekaligus memiliki pabrik minyak goreng atau sebuah badan usaha jasa angkutan memiliki perusahaan jasa angkutan sekaligu perusahaan perbengkelan.

Dari pengertian dan keterang di atas dapat disimpulkan bahwa perusahaan berbeda dengan badan usaha, yaitu bahwa perusahaan adalah bagian dari badan usaha yang merupakan alat badan usaha untuk memperoleh keuntungan.

Jenis-jenis perusahaan, yaitu :
• Perusahaan ekstraktif
• Perusahaan agraris
• Perusahaan industri
• Perusahaan perdagangan
• Perusahaan jasa

Perbedaan perusahaan dengan badan usaha di antaranya adalah sebagai berikut :
1. Perusahaan merupakan bagian dari badan usaha atau badan usaha adalah induknya perusahaan.
2. Tujuan utama perusahaan adalah menghasilkan barang atau jasa, sedangkan badan usaha bertujuan mencari keuntungan.
3. Mendirikan tempat untuk badan usaha dapat dilakukan dengan lebih bebas. Sementara untuk mendirikan perusahaan, tempatnya tidak bebas atau harus berdasarkan undang-undang atau peraturan pemerintah.

Jenis-jenis badan usaha, yaitu :

A. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

BUMN adalah badan usaha yang didirikan dengan modal sebagian besar atau seluruhnya berasal dari (milik) pemerintah atau Negara. Badan usaha yang didirkan dengan modal pemerintah pusat disebut BUMN dan badan usaha yang didirikan dengan modal pemerintah daerah disebut BUMD. Semua BUMN berada dibawah naungan masing-masing departemen sesuai bidang kegiatan departemen tersebut, naungan pemerintah provinsi, kabupaten, atau kotamadya.

Macam-macam BUMN terdiri dari Perusahaan Negara Jawatan (Perjan), Perusahaan Negara Umum (Perum), dan Perseroan Terbatas Negara (Persero). Pendirian BUMN ini berlandaskan pada UUD 1945 pasal 33 ayat 2 dan 3.

Macam-macam BUMN dan BUMD yaitu :

1. Perusahaan Negara Jawatan (Perjan).
Perjan merupakan perusahaan yang semata-mata bertujuan melayani kepentingan umum (public sevice) atau tidak mengutakaman laba atau keuntungan.
Ciri-ciri perjan adalah sebagai berikut :
• Bertujuan semata-mata untuk melayani kepentingan umum.
• Pemimpin dan karyawannya ditunjuk/diangkat oleh menteri yang terkait dan berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil).
• Mendapat fasilitas Negara (difasilitasi oleh Negara).
• Perusahaan di bawah pengawasan menteri terkait.
• Seluruh modal berasal dari APBN.
Contoh perjan di antaranya adalah Perjan TVRI dan Perjan Perhutani.
2. Perusahaan Negara Umum (Perum).
Perum adalah BUMN yang bertujuan melayani kepentingan umum yang vital (public utility), disamping itu diperbolehkan mencari keuntungan. Adapun ciri-ciri perum adalah sebagai berikut :
• Bertujuan melayani kepentingan umum yang vital, tetapi diperkenankan untuk mencari keuntungan.
• Modalnya berasal dari kekayaan Negara yang dipisah.
• Perum bergerak di bidang usaha yang vital.
• Pemimpin dan karyawan berstatus pegawai perum atau pegawai negeri yang diperbantukan oleh perum.
• Perum berada di bawah pimpinan dewan direksi.

Contoh perum yaitu Perum Perumnas, kegiatannya menyediakan perumahan bagi rakyat yang kurang mampu memiliki rumah sendiri. Perum DAMRI (Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia) yaitu perusahaan pengangkutan penumpang, Perum ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan), dan lain-lain.

3. Perusahaan Persero (Perseroan Terbatas Negara).
Persero merupakan bentuk BUMN yang didirikan pemerintah yang dulunya bernama Perusahaan Negara (PN). Modal perero terdiri dari bagian saham-saham dan bertujuan mencari laba/keuntungan (nonpublic utility/komersil). Sebagai BUMN, PT (Persero) juga harus memperhatikan masyarakat.
Ciri-ciri PT (Persero) adalah sebagai berikut :
• Bertujuan mencari keuntungan di samping member pelayanan kepada masyarakat.
• Modalnya sebagian atau seluruhnya milik Negara dalam bentuk saham-saham dan dapat diperjualbelikan kepada umum.
• Dipimpin oleh suatu dewan direksi.
• Tidak mendapat fasilitas Negara.
• Pemimpin dan karyawan berstatus pegawai swasta.
Contoh BUMN Persero (PT) yaitu PT Garuda Indonesia Airways, kegiatan usahanya memberi jasa penerbangan angkutan penumpang, PT Semen Gresik memproduksi semen untuk bahan bangunan, PTPN II Medan, mengusahakan perkebunan kelapa sawit dan memproduksi minyak goreng, dan sebagainya.

4. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) didirikan oleh pemerintah daerah seperti pemerintah daerah tingkat I provinsi, dan daerah tingkat II kotamadya atau kabupaten. Kegiatan usahanya mengutamakan pemenuhan kebutuhan masyarakat daerahnya dan sebagian untuk menambah kas Negara. Tujuan BUMD adalah untuk membangun daerah dan Negara, khususnya membangun perekonomian daerahnya. Contoh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI) di antaranya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang memberikan jasa penyaluran air bersih ke rumah-rumah penduduk, kantor-kantor dan perusahaan yang memerlukannya. Perusahaan Daerah Pasar Jaya (PD Pasar Jaya) menyediakan pertokoan dan pasar-pasar di DKI Jakarta.

Berdasarkan uraian dan contoh di atas maka diketahui bahwa BUMN dan BUMD sangat berarti bagi masyarakat. Manfaat itu antara lain, sebagai berikut :
• Membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
• Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
• Mencegah monopoli swasta yang hanya memberi keuntungan bagi sebagian pihak dan bukan rakyat banyak.
• Sebagai sumber kas Negara.


B. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Badan Usaha Milik Swasta adalah badan usaha yang modal dan pengelolaannya ditangani oleh masyarakat (swasta). Di Indonesia badan usaha ini jumlahnya sangat banyak. Dasar pendirian BUMS, sesuai dengan UUD 1945 pasal 27 ayat 2 yaitu tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Berarti pemerintah memberikan kebebasan pada setiap warga Negara untuk melakukan usaha.

Macam-macam BUMS, yaitu :

1. Badan Usaha Perorangan (Po).
Badan usaha perorangan yaitu badan usaha yang modal dan pengelolaannya ditangani oleh perorangan/pribadi. Bentuk badan usaha ini jumlahnya paling banyak karena mudah cara mendirikannya dan murah biayanya. Pemilik badan usaha ini sekaligus sebagai pimpinan, oleh Karena itu ia bebas menentukan kebijakan badan usaha. Karena dikelola sendiri oleh pemiliknya maka rahasia badan usaha lebih terjamin.

Jika badan usaha perorangan mengalami kerugian maka pemilik bertanggungjawab penuh sampai ke harta pribadinya. Hal ini harus dilakukan karena tidak ada pemisahan antara harta pribadi dengan harta badan usaha atau perusahaan. Untuk mengembangkan usahanya, pengusahaan perseorangan kadang-kadang mengalami kesulitan, karena modalnya terbatas. Bila pemiliknya berhalangan maka aktivitas badan usaha menjadi terganggu. Maju mundurnya badan usaha ini tergantung pada pemiliknya.

2. Persekutuan Firma (Fa)
Persekutuan firma merupakan gabungan dari beberapa pemilik modal yang secara bersama-sama mendirikan usaha dengan satu nama, dimana semua anggota bertanggungjawab penuh atas hutang perusahaan. Pemilik modal sekaligus menjadi pimpinan perusahaan dan membagi tugas sesuai keahlian masing-masing. Misalnya, ada yang bertindak sebagai pimpinan produksi, pimpinan pegawai/karyawan, pimpinan keuangan, dan pimpinan pemasaran. Kebijakan-kebijakan dalam perusahaan, mereka putuskan bersama melalui rapat pimpinan.





Apabila badan usaha atau perusahaan mengalami kerugian, maka kerugian itu ditanggung secara bersama-sama. Sebaliknya bila mana memperoleh keuntungan, juga dibagi kepada seluruh pemodal. Besar kecilnya hak dan kewajiban peserta sesuai dengan perbandingan modal yang ditanamnya.

Apabila dalam firma terdapat anggota yang tidak menyertakan modal, tetapi ia memiliki andil tenaga dan keahliaannya maka dalam hal pembagian hak dan kewajiban disamakan dengan anggota yang meyetorkan modal terkecil.

Keunggulan dari Firma, yaitu :
• Modal dapat diperbesar dengan menambah anggota pemilik.
• Pengelolaannya dapat dibagi seuai dengan keahlian para anggotanya.
• Resiko kerugian ditanggung bersama-sama.
• Kelangsungan hidup lebih terjamin karena tidak tergantung pada satu orang.

Kelemahan dari Firma, yaitu :
• Sering mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karena perbedaan pendapat dari para anggota.
• Kerugian yang diakibatkan salah satu anggota ditanggung oleh anggota lainnya.

3. Persekutuan Komanditer atau Comanditaire Vennotschaap (C.V.)
Badan usaha ini sering disingkat menjadi CV. Berbeda dengan firma, dalam persekutuan ini terdapat 2 (dua) kelompok anggota penanam modal atau disebut persero, yaitu anggota aktif dan anggota pasif.
1. Anggota aktif yaitu anggota yang menyerahkan modal sekaligus aktif dalam mengelola perusahaan. Anggota ini disebut juga anggota pengurus. Oleh karena itu, ia mempunyai tanggungjawab yang tidak terbatas.
2. Anggota pasif yaitu anggota yang hanya menyerahkan modal dan tidak ikut aktif mengelola perusahaan. Anggota ini sering disebut anggota diam atau anggota komanditer. Oleh karena itu, tanggungjawab dari persero ini terbatas.

Untuk mendirikan CV dibuat akta pendirian yang ditandatangani di depan notaries. Bila perusahaan kekurangan modal, mereka bisa mengeluarkan atau menjual saham (sero) untuk menambah modalnya. Badan usaha semacam ini disebut persekutuan komanditer dengan sero. Dari uraian terebut, kita dapat mengetahui kelebihan CV, yakni sebagai berikut :
• Modal dapat dihimpun dalam jumlah yang lebih besar.
• Dikelola sesuai dengan keahlian anggota aktif.
• Tanggungjawab anggota pasif terbatas.

Sementara kelemahan CV, adalah sebagai berikut :
• Pengambilan keputusan sering mengalami kesulitan akibat perbedaan pendapat dari para anggota aktif.
• Kesulitan menarik kembali atas modal yang diserahkan.
• Tanggungjawab yang tidak terbatas bagi anggota aktif.

3.
4. Perseroan Terbatas (PT).
Perseroan terbatas merupakan persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mendirikan perusahaan dengan menerbitkan saham-saham sebagai modalnya. Masing-masing anggota bertanggungjawab sebesar saham yang dimilikinya. Saham merupakan surat tanda bukti bahwa pemiliknya telah menanamkan modal pada perusahaan. Orang yang memiliki saham dari suatu PT disebut Persero. Keuntungan yang diterima para persero berupa dividen. Tanggungjawab para persero terbatas yaitu sebesar modal yang diserahkannya.

Untuk mendirikan PT harus dibuat akta pendirian di hadapan notaries dan mendapat pengeahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia serta diumumkan dalam berita Negara.

Pengelolaan perseroan terbatas pada umumnya dikendalikan oleh 3 (tiga) unsur utama yaitu :
a) Direki adalah pimpinan yang bertugas menjalankan badan usaha dan mewakilinya, baik ke dalam maupun ke luar perusahaan.
b) Dewan Komisaris adalah unsur PT yang bertugas mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh direksi dalam mengendalikan badan usaha.
c) Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam PT. melalui RUPS ditetapkan kebijakan-kebijakan badan usaha yang harus dipatuhi oleh direksi dan dewan komisaris, seperti mengangkan dan memberhentikan direksi dan dewan komisaris, mengesahkan neraca dan laporan laba rugi, serta pembagian dividen untuk para persero.

Adapun jenis-jenis perseroan terbatas dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu PT Tertutup (terbatas) dan PT terbuka (PT.Tbk.)
a) PT tertutup sahamnya hanya boleh dimiliki oleh orang-orang tertentu seperti sanak saudara atau teman-teman terdekat.
b) PT Terbuka (PT Tbk) sahamnya dapat dimiliki oleh masyarakat umum dan diperdagangkan di bursa efek.







C. Koperasi

Dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1 tertulis perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Badan usaha yang cocok untuk memenuhi ayat ini adalah koperasi. Istilah koperasi berasal dari bahasa latin, yaitu kata cooperation dan dalam bahasa inggris disebut cooperation, kemudian diadopsi ke dalam bahasa Indonesia yang berarti kerja sama sekelompok orang untuk melakukan usaha. Pengertian koperasi menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Prinsip koperasi Indonesia.

Dalam menjalankan kegiatannya koperasi menerapkan prinsip sebagai berikut :
• Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela.
• Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
• Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.
• Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
• Kemandirian.
• Pendidikan koperai.
• Kerja sama antar koperasi.

Permodalan koperasi.

Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman. Modal sendiri terdiri atas simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan, dan hibah. Simpanan pokok yaitu simpanan yang dibayar oleh anggota pada saat masuk menjadi anggota. Sementara simpanan wajib yaitu simpanan yang dibayar pada setiap jangka waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau seminggu sekali. Dana cadangan merupakan sisa hasil usaha koperasi yang tidak dibagikan dan digunakan untuk menambah modal koperasi.

Hibah yaitu modal koperasi yang diperoleh Karena pemberian atau pengalihan hak dari pihak lain. Modal pinjaman yaitu modal koperasi yang diperoleh karena meminjam dari pihak lain. Pinjaman ini bisa berasal dari bank atau dari koperasi lain.

Perangkat organisasi koperasi.

Untuk mengelola sebuah koperasi diperlukan 3 perangkat penting yaitu rapat anggota, pengurus dan pengawas. Rapat anggota memegang kekuasaan tertinggi karena melalui rapat inilah segala keputusan disepakati. Rapat anggota dinyatakan sah apabila memenuhi quorum yaitu setengah dari jumlah anggota plus satu. Pengurus yaitu anggota koperasi yang dipilih diangkat oleh rapat anggota untuk mengendalikan jalannya koperasi. Sementara pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya koperasi.

D. Yayasan

Yayasan adalah badan usaha yang didirikan oleh orang atau pemerintah dengan jalan memisahkan kekayaannya untuk tujuan tertentu terutama tujuan sosial. Yayasan ada yang didirikan dan dimiliki oleh swasta, seperti yayasan dharmais, yayasan panti asuhan, yayasan pendidikan sinar husni, dan adapula yayasan yang dimiliki pemerintah, seperti yayasan TVRI. Modal yayasan berasal dari uang yang dipisahkan dari pemiliknya, yaitu dari sumbangan-sumbangan, derma dan lain-lain.

Beberapa faktor non ekonomi yang mempengaruhi kegiatan bisnis, yaitu :
• Bencana alam, seperti bencana banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan meletusnya gunung merapi. Semuanya akan menghambat atau mengancam lumpuhnya kegiatan bisnis atau bahkan menghancurkan sumber daya ekonomi yang ada.
• Kebijakan pemerintah, seperti larangan impor, penetapan pajak yang lebih tinggi, penghapusan subsidi, semuanya akan mempengaruhi kegiatan bisnis. Di samping itu, pemerintah dapat juga mengambil kebijakan yang mendorong dan menguntungkan dunia usaha dalam negeri.
• Lingkungan masyarakat di mana perusahaan berada. Pengusaha harus memperhatikan lingkungan masyarakatnya, seperti pembangunan sarana jalan, pendidikan, dan dalam mengangkat karyawan dengan mengutamakan warga lingkungannya.
• Kondisi sosial politik. Bila kondisi sosial politik tidak menentu maka akan menimbulkan keragu-raguan bagi para pengusaha untuk melakukan kegiatan bisnis.
• Keamanan Negara/dunia. Bila keadaan Negara tidak aman, baik akibat aksi demo yang bersifat anarkis atau akibat perang, kegiatan bisnis menjadi terganggu, ekspor-impor menjadi tersendat sehingga merugikan perusahaan, dan kebutuhan pokok rakyat menjadi langka serta harga membumbung tinggi.










Dalam rangka mencapai tujuan badan usaha yaitu memperoleh keuntungan yang maksimal maka badan usaha harus dikelola secara professional. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan antara lain di bawah ini :
a) Bidang usaha yang akan diusahakan.
Agar usaha dapat berjalan dengan baik, harus dipilih bidang usaha yang produknya dibutuhkan oleh masyarakat luas. Contohnya, saat ini berkembang perusahaan telekomunikasi selular milik swasta. Dengan makin tingginya permintaan terhadap layanan selular di Indonesia maka peluang usaha ini makin terbuka luas.
b) Letak perusahaan.
Memilih letak badan usaha lebih mudah daripada menentukan letak perusahaan. Memilih letak perusahaan memerlukan pertimbangan-pertimbangan, di antaranya tidak terlalu jauh dari pengambilan bahan mentah atau bahan baku yang diperlukan, tersedianya sumber daya ekonomi, lingkungan sosial, budaya, sarana perhubungan, telekomunikasi, dan lainnya.
c) Visi dan misi badan usaha.
Dengan adanya visi dan misi yang jelas, para pelaksana memiliki pedoman kemana arah badan usaha akan dijalankan dan tindakan apa yang akan dilakukan.
d) Melaksanakan sistem manajemen yang profesional.
Pelaksanaan manajemen perusahaan dikatakan profesional bila fungsi manajemen berjalan dengan baik. Menurut G.R.Terry, seorang ahli manajemen dalam bukunya yang berjudul “Principal of Management” dijelaskan bahwa fungsi manajemen meliputi: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan).
e) Kedisiplinan dan tanggung jawab.
Seluruh pimpinan dan karyawan melaksanakan pekerjaannya dengan serius dan sungguh-sungguh sebagai panggilan hati nurani. Disiplin merupakan prinsip yang harus dimiliki bersama, terutama disiplin waktu dijalankan secara jujur, adil, adil dan bertanggung jawab.




PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan berasal dari kata wira yang berarti gagah/berani, dan usaha. Secara sederhana, wira usaha adalah orang yang berani berusaha dan berani menanggung resiko atas usaha yang dilakukannya. Kewirausahaan tidak dapat dipisahkan dari kreativitas dan inovasi. Sedang inovasi sendiri tercipta karena ada kratifitas yang tinggi. Dengan demikian, orang yang kreatif akan membentuk dirinya menjadi mandiri dan bersikap wira usaha.

Tidak semua orang mampu menjadi wira usaha. Hanya orang yang berkemauan keras untuk mencapai sukses, mempunyai semangat, dan yang selalu mempunyai gagasan untuk menghasilkan produk kreatiflah yang mampu menjadi seorang wira usaha. Kewirausahaan dapat dipelajari dan dikembangkan. Upaya pengembangan kewirausahaan dapat dilaksanakan sepanjang masa.
Perhatikan contoh berikut yang menunjukkan kreatifitas, kemandirian, dan kewirausahaan seseorang hingga meraih sukses.

Lieng Seang Tee pendiri HM sampoerna yang memproduksi rokok Dji Sam Soe. Pada awalnya, ia hanya berjualan makanan di kereta api jurusan Surabaya – Jakarta sambil berjualan arang dan tembakau dengan naik sepeda berkeliling Surabaya. Dengan kreativitas yang dimilikinya ia membuka juga warung pinggir jalan yang menjual bahan makanan dan tembakau. Sayang warungnya terbakar. Namun dengan tekad, kemandirian, dan jiwa kewirausahaannya yang tetap besar, ia memulai lagi membangun usahanya dengan nama Handel Maastchpaij Sampoerna yang kemudian berubah nama menjadi PT. Hanajaja Mandala Sampoerna (HM Sampoerna) dengan produksi rokok Dji Sam Soe yang sangat terkenal hingga sekarang karena mutunya terjamin.

Buddy Rahmadinov memberikan 11 rahasia meraih sukses sebagai berikut :
1) Berdo’a kepada Tuhan
2) Tidak menyia-nyiakan waktu
3) Mau bekerja keras
4) Tidak mengikuti gengsi
5) Jujur
6) Pantang menyerah
7) Mewujudkan impian menjadi kenyataan
8) Berani mengubah nasib
9) Sukses YES, Stress No
10) Berguna untuk sesame
11) Bersyukur kepada Tuhan












Kreatif, Mandiri, dan Makmur

Sumber daya alam yang disediakan Tuhan terbatas adanya. Adapun kebutuhan manusia sangat tidak terbatas. Manusia harus berusaha menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai hasil yang maksimal. Contohnya ialah Amin. Amin senang membaca. Namun, dia tidak bisa dengan bebas melakukan hobinya itu karena buku yang ingin dibacanya mahal harganya. Oleh sebab itu, dia berusaha memperoleh uang dengan caranya sendiri. Dia kemudian menggunakan pengetahuan keterampilan yang didapatnya di sekolah. Dia membuat hiasan beraneka bentuk dari kertas-kertas bekas yang telah didaur ulang. Hasil kreativitasnya itu dijualnya kepada teman-temannya.

Ketika Amin sedang membutuhkan uang, timbul kreativitasnya menciptakan mainan yang dapat dijual. Tindakan seperti ini sering kita lakukan tanpa kita sadari. Jika kita berada dalam keadaan sulit, kita pasti akan mencari jalan keluar. Dalam hal ini kita sudah melakukan tindakan yang kreatif: mencari jalan untuk memecahkan masalah dan mendapatkan keinginan kita.

Setiap orang pasti memiliki kreativitas dalam tingkatan yang berbeda. Ada orang yang lebih kreatif daripada yang lainnya. Karena kreatiflah, Bill Gates dapat menjadi pakar komputer dan menjadi orang terkaya sejagad selama 10 tahun berturut-turut. Karena kreatiflah, seorang tukang bakso dapat bertahan walaupun terjadi krisis ekonomi yang hebat. Tahukah kamu bahwa kreativitas itu bisa dikembangkan? Nah, mulailah dari sekarang mengasah kreativitasmu. Lakukanlah hal-hal kreatif setiap hari.

1. Kreativitas dalam Ekonomi

Bayangkan apabila sumber daya yang tersedia tidak dapat digunakan secara efisien!
Tentu saja hasilnya tidak maksimal. Bagi pelaku ekonomi, khususnya perusahaan, keadaan ini sangat menyulitkan dalam mencapai tujuannya. Oleh sebab itu, dibutuhkan pelaku-pelaku ekonomi yang mampu menggunakan sumber daya yang terbatas untuk mencapai hasil yang maksimal. Dibutuhkan orang-orang yang kreatif.

Dalam ekonomi, seorang pengusaha selalu berhadapan dengan dua hal: untung atau rugi. Dan, tidak ada seorang pengusaha pun yang ingin rugi. Oleh sebab itu, kreativitas dalam bidang ekonomi sangatlah dibutuhkan. Dari contoh tugas di atas, dapat dilihat bahwa ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses antara lain inovatif dan kreatif, bekerja keras, percaya diri atau optimis, serta berani mengambil risiko.

a. Kreatif dan Inovatif
Seorang wirausahawan yang kreatif dapat dilihat dari kemampuannya dalam
mengembangkan gagasan baru. Misalnya, seorang petani sayur-mayur membuat sendiri pupuk dengan menggunakan bahan-bahan organik karena lebih murah daripada pupuk kimia. Seorang ibu rumah tangga menyambung perca kain untuk membuat selimut baru.

Seorang wirausahawan biasanya seorang yang inovatif. Seorang yang inovatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Inovasi ialah penemuan baru. Hasil dari sebuah inovasi dapat berupa benda/alat atau proses. Contohnya ialah penemuan mesin uap.

b. Bekerja Keras
Seorang wirausahawan yang berhasil biasanya memiliki daya juang yang tinggi, tidak kenal lelah, dan ulet meskipun memerlukan waktu yang lama. Kegagalan atau hambatan dalam berusaha tidak menyebabkannya putus asa. Dia akan terus bekerja keras dengan belajar dan mencobanya. Contohnya ialah Thomas A. Edison yang menemukan listrik. Dia melakukan percobaan sebanyak 999 x dan lampu itu baru dapat menyala pada percobaannya yang ke 1000. Mottonya ialah kegagalan adalah sukses yang tertunda. Oleh sebab itu, dia coba-dan-coba lagi.

c. Percaya Diri dan Optimis
Hasil kerja keras seorang wirausahawan akan menimbulkan rasa percaya diri dan sikap optimisme yang tinggi. Hasil yang dicapai dengan kerja keras dapat meningkatkan keyakinan akan kemampuan sendiri. Dia tidak ragu dan tidak takut gagal. Dia akan selalu berpandangan dan berpengharapan baik dalam menghadapi segala kemungkinan. Pandangan optimisme inilah yang membuat dia berani mengambil risiko.

d. Berani Mengambil Risiko
Kesediaan dalam menanggung risiko menjadikan seorang wirausahawan tidak takut rugi atau gagal. Dia bersedia mengorbankan waktu, uang, tenaga, pikiran, dan lainnya untuk suatu tujuan yang ingin dicapainya. Karena optimismenya yang tinggi, dia tidak takut gagal. Kalaupun dia gagal, hal itu dipandangnya sebagai sukses yang tertunda.

Semua sifat di atas harus dimiliki oleh setiap pelaku ekonomi yang ingin sukses. Itu artinya, setiap pelaku usaha haruslah seorang yang kreatif. Seorang pelaku usaha harus memiliki gagasan-gagasan kreatif untuk dapat bertahan dan berkembang. Apa yang akan terjadi jika seorang pengusaha konfeksi memproduksi pakaian dengan model yang sama terus-menerus?

Gagasan-gagasan kreatif akan menjadi salah satu kunci sukses para wirausahawan. Banyak usaha yang berhasil dimulai dari gagasan kreatif. Misalnya, kasus Amin yang mengisi waktu luangnya dengan membuat berbagai bentuk hiasan dari kertas bekas yang sudah didaur ulang. Dari gagasan kreatifnya itu, dia bisa menghasilkan uang.




e. Belajar Hidup Mandiri
Dalam bidang ekonomi, tentunya kamu sering mendengar kata wiraswasta. Tahukah kamu apa arti kata tersebut? Wira artinya berani, utama, dan perkasa. Swasta berasal dari dua kata: swa berarti sendiri dan sta berarti berdiri.

Wiraswasta sering juga disebut wirausaha. Pelakunya disebut wirausahawan. Kemampuan wirausaha dapat dikembangkan melalui pengalaman, pendidikan, latihan, magang, dan lainnya. Kemampuan wirausaha bertumpu pada jiwa dan watak seseorang. Oleh karena itu, pengalaman sangat penting dalam pengembangan kemampuan wirausaha.
Apakah seorang wirausahawan itu selalu harus orang dewasa? Amatilah lingkungan sekitarmu. Ada banyak anak yang sudah mampu mencari uang sendiri. Mereka adalah penyemir sepatu, pengamen jalanan, pencuci mobil, pedagang asongan, penjual koran, dll. Mereka adalah wiraswastawan, mampu dan berani mencari uang sendiri. Kamu pun dapat seperti mereka. Kecil-kecil mereka sudah mampu hidup mandiri.

Apa itu hidup mandiri?
Mandiri artinya tidak bergantung pada orang lain. Kemandirian tidak terbentuk
secara mendadak. Kemandirian terbentuk melalui proses yang panjang yang dimulai sejak masa kanak-kanak. Jika bangun kamu membereskan sendiri tempat tidurmu, itu salah satu bentuk kemandirian. Jika kamu mencuci sendiri pakaianmu, itu pun bentuk kemandirian. Segala hal yang kamu lakukan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain termasuk kemandirian. Di sekolah, berikut adalah contoh kemandirian yang ditunjukkan oleh seorang siswa:
(1) dia mengerjakan sendiri tugasnya, tidak mencontoh pekerjaan temannya
(2) dia mengerjakan sendiri soal ujian, tidak mencontek pekerjaan temannya
(3) dia dapat belajar sendiri tanpa disuruh jika gurunya terlambat dating

Kemandirian mendorong individu untuk berprestasi dan berkreasi. Kemandirian mendorong individu menjadi manusia yang produktif dan efisien serta membawanya ke arah kemajuan.

Perhatikan contoh belajar hidup mandiri berikut.

Orang tua Intan termasuk orang yang tidak berada. Ayahnya seorang pemulung dan ibunya seorang tukang cuci pakaian. Penghasilan orang tuanya lebih sering tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Intan dan dua orang adiknya. Intan kemudian bertekad untuk tidak membebani orang tuanya dengan urusan biaya sekolahnya. Dia kemudian memikirkan cara bagaimana mendapatkan uang untuk biaya sekolahnya. Dengan sisa uang tabungannya, Intan kemudian membuat kue untuk dijual. Keuntungan penjualan kue itulah yang dia gunakan untuk membiayai kebutuhan sekolahnya. Dia sudah tidak lagi bergantung pada orang tuanya untuk mendapatkan biaya sekolahnya.

Kemandirian mengandung lima unsur utama berikut.
(1) bebas: setiap tindakan dilakukan atas kehendak sendiri
(2) inisiatif: kemampuan untuk berpikir dan bertindak secara orisinil dan kreatif
(3) ulet: selalu berusaha mengejar prestasi, penuh ketekunan, merencanakan dan mewujudkan harapannya
(4) pengendalian diri: memiliki perasaan optimis dalam menghadapi masalah dengan tenang
(5) percaya diri: percaya terhadap kemampuan sendiri

2. Kreatif, Mandiri, dan Makmur

Apa hubungan antara kreatif, mandiri, dan makmur?
Amin yang kreatif mampu membuat berbagai bentuk hiasan dinding untuk dijual. Dari hasil kreativitasnya itu, Amin mendapatkan uang. Setelah membeli buku, sisanya ditabung oleh Amin. Lama-kelamaan tabungan Amin makin banyak.
Orang dengan gagasan-gagasan yang kreatif akan melakukan berbagai terobosan inovatif dalam kehidupannya. Dalam bidang ekonomi, kemampuan tersebut sangat berguna. Dengan kreativitasnya, seseorang akan mampu menciptakan berbagai kemungkinan untuk mendapat penghasilan. Penghasilan tersebut dapat ditabung sehingga dia dapat menggunakannya untuk memenuhi semua kebutuhannya.
Bermodalkan gagasan-gagasan kreatif, kemauan untuk dapat hidup mandiri, dan rasa optimisme yang tinggi, kamu dapat memulai sebuah usaha atau bisnis kecil-kecilan. Bagaimana cara memulai suatu bisnis? Memulai suatu usaha haruslah melalui pemikiran yang matang. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan persiapan membangun sebuah usaha.
(1) Usaha apa yang ingin kamu buat
(2) Bagaimana cara kamu akan menjalankan usaha tersebut
(3) Berapakah danamu yang tersedia
(4) Perlengkapan apa saja yang akan kamu butuhkan
(5) Di mana kamu akan menjalankan usaha tersebut
(6) Barang atau jasa apa saja yang akan kamu tawarkan
(7) Siapa konsumenmu
(8) Bagaimana caranya agar konsumen dapat mengetahui usahamu
(9) Mengapa konsumen membutuhkan barang atau jasamu
(10) Adakah pesaing (orang yang berusaha sejenis dengan usahamu) di sekitar tempat itu
(11) Apa yang mereka tawarkan
(12) Apa yang akan kamu lakukan agar usahamu lebih menarik daripada pesaingtersebut
(13) Siapa yang akan membantumu menjalankan usahamu ini.
(14) dll.


kegiatan pembelajaran di sekolah, seorang siswa dikatakan kreatif apabila:
• memiliki inisiatif dan keaslian berpikir
• aktif dan terlibat secara mental maupun fi sik
• belajar dari kegagalan
• sering mengajukan pertanyaan yang baik
• memberikan banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah
• mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu-malu
• tidak mudah terpengaruh pendapat orang lain
• mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain
• berfi kir ke depan
• mempunyai kebiasaan belajar sendiri
• bertanggung jawab,
• disiplin

Ciri-ciri Manusia Kreatif:
• Otonom, bebas
• Memiliki rasa ingin tahu, suka mencoba-coba
• Sering mengajukan pertanyaan yang baik
• Banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah
• Mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu-malu
• Tidak mudah terpengaruh pendapat orang lain
• Mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain
• Berfikir ke depan
• Mempunyai kebiasaan belajar sendiri
• Belajar dari pengalaman orang lain

Jika dikaitkan dengan dunia bisnis, kreativitas merupakan salah satu modal utama untuk bisa menjadi wirausahawan yang sukses (walaupun masih banyak beberapa sifat lain yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha). Selain kreatif, seseorang yang memiliki jiwa wirausaha juga harus berani menghadapi resiko. Seorang wirausaha tidak saja berfikir tentang keberhasilan dari usaha yang dikelolanya, tetapi ia juga harus siap jika usaha yang dijalankannya gagal. Oleh karena itu, kewirausahaan pada hakekatnya merupakan kemampuan dalam berfi kir dan bertindak kreatif yang dijadikan dasar dan kiat untuk menciptakan nilai tambah barang (nilai jual) yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi resiko.

B. CIRI-CIRI WIRAUSAHA
Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang agar menjadi wirausaha yang sukses adalah berfi kir dan bertindak kreatif. Sikap kreatif itu diperlukan oleh seseorang dalam rangka menghasilkan/ menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda sehingga produk yang dihasilkan tersebut memiliki nilai tambah atau nilai jual.

Seseorang dikatakan manusia wirausaha apabila memiliki ciriciri sebagai berikut:
1. Memiliki Sikap Mental Wirausaha.
Manusia yang bermental wiraswasta mempunyai kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya. Di dalam masyarakat, banyak dijumpai orang-orang pandai, berpendidikan tinggi atau berpengalaman kerja cukup luas, namun ketika mereka dihadapkan dengan situasi pekerjaan nyata yang penuh dengan tantangan, ternyata mereka menjadi malas dan menghindarkan diri dari kenyataan. Mereka masih berharap bahwa mereka dapat mencapai keberhasilan dan kepuasan maksimal hanya dengan memiliki banyak pengetahuan. Inilah kenyataan, bahwa sebagian besar anggota masyarakat kita masih terdapat jarak yang jauh antara pengetahuan yang dimiliki dengan perbuatan untuk merealisir pengetahuan itu.
Di samping berkemauan yang keras, manusia yang bersikap mental wiraswasta memiliki keyakinan yang kuat atas kekuatan yang ada pada dirinya. Manusia yang bersikap mental wirausaha memiliki sifat kejujuran yang tinggi dan bertanggung jawab.

2. Mempunyai Kepribadian yang Kuat
Tanda manusia yang mempunyai berkepribadian kuat adalah manusia yang memiliki moral yang tinggi, yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Memiliki Kemampuan untuk Mencari Informasi
Dalam kenyataannya seringkali terjadi kekurang berhasilan dalam berwirausaha disebabkan karena enggan untuk mencari informasi tentang beberapa hal yang menjadikan suatu usaha dapat berhasil. Banyak wirausaha menjalankan usahanya cukup seadanya. Mereka pada umumnya hanya menjalankan apa yang sudah ada walaupun dalam kenyataan usaha tersebut tidak mengalami perkembangan

4. Memiliki Kepekaan Terhadap Arti Lingkungan.
Manusia tercipta dengan kondisi dan perlengkapan yang sempurna, sehingga kekuatannya diharapkan dapat mengenal, mengolah dan menikmati alam semesta secara bertanggung jawab. Manusia wirausaha harus dapat mengenal lingkungannya. Dengan pengenalan terhadap lingkungan, memungkinkan manusia dapat mendayagunakan secara efisien untuk kepentingan hidupnya.





5. Memiliki Ketrampilan Wiraswasta.
Untuk dapat menjadi manusia wirausaha diperlukan beberapa ketrampilan seperti: ketrampilan berfikir kreatif, ketrampilan dalam kepemimpinan, ketrampilan manajerial, dan ketrampilan dalam bergaul antar manusia.

Disamping ciri-ciri di atas, Meredith dalam Suprojo Pusposutardjo (1999), memberikan ciri-ciri wirausaha (entrepeneur) sebagai orang yang
(1) percaya diri,
(2) berorientasi tugas dan hasil,
(3) berani mengambil risiko,
(4) berjiwa kepemimpinan,
(5) berorientasi ke depan, dan
(6) keorisinilan.

Adapun wujud atau bentuk dari keenam ciri-ciri manusia wirausaha tersebut adalah sebagai berikut:



Selesai

CopyRight © 2010
By Muhammad Hendri, S.Sos, S.Pd
Written for Students of Class VII SMP Sinar Husni
HP : 081264070041 – (061)77813539
Email : muhammadhendri37@yahoo.com
Wibesite : www.muhammadhendri.blogspot.com

187 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mr Stahl, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini oleh-
Email: stahlchristianloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)
Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? melakukan
Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah
dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lainnya keuangan
lembaga? Jawabannya ada di sini, Stahl Kristen Badan Kredit adalah
menjawab. Kami menawarkan;

a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
b) Business Start-up dan pendidikan.
c) konsolidasi utang.
d) pinjaman Keras Uang.

Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah
pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pinjaman
pembayaran dengan suku bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk
mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui:
E-mail: stahlchristianloanfirm@gmail.com
Telepon: 678-856-6859

Jonesikhsan mengatakan...

PERHATIAN! PERHATIAN !! PERHATIAN !!!
Halo semua, saya Mr.Jones ikhsan, saat ini tinggal di Indonesia, saya menikah dengan dua anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan sejak Agustus 2014 dan saya perlu bantuan untuk membayar tagihan saya untuk pengobatan anak saya. Saya mencoba untuk mencari pinjaman dari berbagai PERUSAHAAN pinjaman Kedua perusahaan swasta tetapi tidak pernah dengan sukses, dan saya kredit Ditolak Sebagian besar bank. Tetapi sebagai Allah akan Memiliki itu, saya diperkenalkan dengan seorang wanita Allah pemberi pinjaman pinjaman pribadi oleh seorang teman bernama Mrs.chrisna dan saya mendapat jumlah pinjaman dari Rp550,000,000.Thank ALLAH hari ini untuk hidup saya, saya sekarang pemilik bisnis dan anak-anak saya lakukan baik saat ini. Jadi sayang, jika Anda harus menghubungi masing-masing perusahaan dengan Referensi untuk mengamankan kemitraan dengan tingkat kredit Alii bunga sebesar 2% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Ibu Anita.she menawarkan semua jenis pinjaman untuk Kedua individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati lagi. Anda dapat menghubungi dia melalui email: Anitalasonloanltd@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui: Jonesikhsan@gmail.com tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda.
Tuhan memberkati bangsa kita.

Unknown mengatakan...

Halo, apakah Anda mencari pinjaman baik untuk menghidupkan kembali kegiatan anda atau perwujudan dari sebuah proyek , baik anda membeli apartemen, jika bank anda meminta anda untuk kondisi yang anda tidak mampu untuk sasatisfaire. tidak ada lagi khawatir tentang saya, saya adalah orang yang serius dan tulus saya memberikan pinjaman mulai dari 1,000$ 800,000$ semua orang bisa bertemu dengan komitmen di samping bunga tingkat 3%. Jika anda membutuhkan uang untuk alasan lain , jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut . Individu yang serius dan jujur , silakan kontak saya
E-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Anda adalah seorang pekerja keras, jujur dan baik karakter, butuh pinjaman pribadi, anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Jadi jika anda membutuhkan pinjaman uang jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami, Kredit Murah, untuk belajar lebih banyak tentang kami syarat dan kondisi yang menguntungkan untuk memperbaiki situasi keuangan anda jika diperlukan. Kontak saya via e-mail saya alamat: annemarie.lemoine67@gmail.com dengan hormat

Unknown mengatakan...

Anda adalah seorang pekerja keras, jujur dan baik karakter, butuh pinjaman pribadi, anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Jadi jika anda membutuhkan pinjaman uang jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami, Kredit Murah, untuk belajar lebih banyak tentang kami syarat dan kondisi yang menguntungkan untuk memperbaiki situasi keuangan anda jika diperlukan. Kontak saya via e-mail saya alamat: annemarie.lemoine67@gmail.com dengan hormat

Unknown mengatakan...

Anda ingin menerima kredit untuk memecahkan deadlock yang menyebabkan bank, oleh penolakan dari file aplikasi anda kredit .Anda ingin menerima kredit untuk implementation dari proyek anda ;anda melakukan kegiatan ; Konstruksi rumah ; Sewa rumah atau apartemen ; Membeli Rumah Dll....... Kredit - Tabungan - perusahaan asuransi memiliki sejumlah modal jumlah yang diberikan dari 1000 untuk 800,000 dolar untuk semua orang yang berada di keuangan perlu atau individu berharap untuk memiliki pinjaman dalam waktu yang pendek periode waktu . Karena tingkat bunga adalah antara 3% sampai 5% tergantung pada jumlah yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Anda ingin menerima kredit untuk memecahkan deadlock yang menyebabkan bank, oleh penolakan dari file aplikasi anda kredit .Anda ingin menerima kredit untuk implementation dari proyek anda ;anda melakukan kegiatan ; Konstruksi rumah ; Sewa rumah atau apartemen ; Membeli Rumah Dll....... Kredit - Tabungan - perusahaan asuransi memiliki sejumlah modal jumlah yang diberikan dari 1000 untuk 800,000 dolar untuk semua orang yang berada di keuangan perlu atau individu berharap untuk memiliki pinjaman dalam waktu yang pendek periode waktu . Karena tingkat bunga adalah antara 3% sampai 5% tergantung pada jumlah yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo Mr & Mrs
Aku Ms Anne-marie Lemoine belanja dan bekerja dalam beberapa urusan daerah dan sebagai akibat dari kesulitan keuangan dialami oleh beberapa orang di dunia, saya memutuskan bersama-sama dengan pengacara dan notaris publik untuk memberikan pinjaman antara individu dan semua orang yang membutuhkan.
Kemudian untuk kebutuhan anda dari pinjaman antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan,juga untuk menghidupkan kembali kegiatan anda atau perwujudan dari sebuah proyek ,akhirnya bisa memecah deadlock yang menyebabkan bank-bank oleh penolakan dari file aplikasi anda kredit,saya bisa membuat anda pinjaman mulai dari 1000 untuk 800,000 dolar dengan tingkat bunga 3% untuk jumlah yang anda butuhkan dan dengan pembayaran syarat bahwa anda membuat hidup anda lebih mudah. Berikut adalah daerah di mana kami dapat membantu anda:

* Keuangan
* Real estat pinjaman
* Investasi pinjaman
* Mobil pinjaman
* Hutang konsolidasi
* Jalur kredit
* Hipotek kedua
* Penebusan kredit
* Pinjaman pribadi

Anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Jadi jika anda membutuhkan pinjaman jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut kami syarat dan kondisi. Untuk informasi lain silahkan hubungi kami oleh e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Terima kasih dan menunggu jawaban anda

Unknown mengatakan...

Halo Mr & Mrs
Aku Ms Anne-marie Lemoine belanja dan bekerja dalam beberapa urusan daerah dan sebagai akibat dari kesulitan keuangan dialami oleh beberapa orang di dunia, saya memutuskan bersama-sama dengan pengacara dan notaris publik untuk memberikan pinjaman antara individu dan semua orang yang membutuhkan.
Kemudian untuk kebutuhan anda dari pinjaman antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan,juga untuk menghidupkan kembali kegiatan anda atau perwujudan dari sebuah proyek ,akhirnya bisa memecah deadlock yang menyebabkan bank-bank oleh penolakan dari file aplikasi anda kredit,saya bisa membuat anda pinjaman mulai dari 1000 untuk 800,000 dolar dengan tingkat bunga 3% untuk jumlah yang anda butuhkan dan dengan pembayaran syarat bahwa anda membuat hidup anda lebih mudah. Berikut adalah daerah di mana kami dapat membantu anda:

* Keuangan
* Real estat pinjaman
* Investasi pinjaman
* Mobil pinjaman
* Hutang konsolidasi
* Jalur kredit
* Hipotek kedua
* Penebusan kredit
* Pinjaman pribadi

Anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Jadi jika anda membutuhkan pinjaman jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut kami syarat dan kondisi. Untuk informasi lain silahkan hubungi kami oleh e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Terima kasih dan menunggu jawaban anda

Unknown mengatakan...

Aku menempatkan anda inginkan pinjaman dari 1000 untuk 800,000 dolar untuk kondisi yang sangat sederhana untuk semua orang yang jujur dan serius yang dapat dibayar kembali dengan tingkat 3% per tahun . Saya juga membuat investasi dan pinjaman antara individu dari semua jenis .Hubungi saya hari ini untuk semua pinjaman permintaan ke alamat e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Terima kasih untuk jenis anda pertimbangan

Unknown mengatakan...

Aku menempatkan anda inginkan pinjaman dari 1000 untuk 800,000 dolar untuk kondisi yang sangat sederhana untuk semua orang yang jujur dan serius yang dapat dibayar kembali dengan tingkat 3% per tahun . Saya juga membuat investasi dan pinjaman antara individu dari semua jenis .Hubungi saya hari ini untuk semua pinjaman permintaan ke alamat e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Terima kasih untuk jenis anda pertimbangan

Unknown mengatakan...

Anda butuh pinjaman, tetapi anda ditolak oleh bank atau keuangan lembaga itu meminta anda untuk kondisi yang tidak kompatibel dengan pendapatan bulanan, suku bunga, exorbitant. Anda ingin memiliki sebuah pinjaman untuk memenuhi kebutuhan anda. Tidak ada masalah. Terlepas dari situasi keuangan anda, saya menawarkan hipotek, pinjaman komersial, internasional pinjaman, pinjaman pribadi, pinjaman dan eksklusif pendidikan pinjaman . Saya menawarkan pinjaman yang tersedia untuk perusahaan dari orang-orang,dan banyak. Anda benar-benar di butuhkan kemudian silakan kontak: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Anda butuh pinjaman, tetapi anda ditolak oleh bank atau keuangan lembaga itu meminta anda untuk kondisi yang tidak kompatibel dengan pendapatan bulanan, suku bunga, exorbitant. Anda ingin memiliki sebuah pinjaman untuk memenuhi kebutuhan anda. Tidak ada masalah. Terlepas dari situasi keuangan anda, saya menawarkan hipotek, pinjaman komersial, internasional pinjaman, pinjaman pribadi, pinjaman dan eksklusif pendidikan pinjaman . Saya menawarkan pinjaman yang tersedia untuk perusahaan dari orang-orang,dan banyak. Anda benar-benar di butuhkan kemudian silakan kontak: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya berbalik untuk semua individu dalam kebutuhan mereka fakta bahwa aku memberikan pinjaman uang 1000$ 800,000$ untuk semua orang mampu untuk membayar dengan tingkat bunga 3% per tahun dan waktu mulai dari 1 sampai 25 tahun tergantung pada jumlah yang diminta. Aku berikut daerah-daerah :- Pinjaman Keuangan - real estate Pinjaman - Pinjaman investasi - auto Hutang - Hutang konsolidasi - Penebusan kredit - Pinjaman pribadi-. Jika anda benar-benar membutuhkan, silakan menulis kepada saya untuk informasi lebih lanjut.Silahkan kontak saya by e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, saya berbalik untuk semua individu dalam kebutuhan mereka fakta bahwa aku memberikan pinjaman uang 1000$ 800,000$ untuk semua orang mampu untuk membayar dengan tingkat bunga 3% per tahun dan waktu mulai dari 1 sampai 25 tahun tergantung pada jumlah yang diminta. Aku berikut daerah-daerah :- Pinjaman Keuangan - real estate Pinjaman - Pinjaman investasi - auto Hutang - Hutang konsolidasi - Penebusan kredit - Pinjaman pribadi-. Jika anda benar-benar membutuhkan, silakan menulis kepada saya untuk informasi lebih lanjut.Silahkan kontak saya by e-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo Bu / Pak,
Aku banding untuk semua orang yang membutuhkan dana untuk mereka mengungkapkan bahwa saya meminjamkan uang 1000-800.000 dolar yang kredibel untuk siapa pun dapat membayar dengan bunga di tingkat 3% per tahun, dan untuk periode mulai dari 1 sampai 25 tahun, tergantung quantity yang diperlukan. Aku berikut daerah-daerah:
– Pinjaman keuangan
– Tanah
– Pinjaman investasi
– Mobil pinjaman
– Utang-Konsolidasi
– Penebusan kredit
– Pinjaman pribadi
– Anda berada di arsip
Anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Kita bisa memuaskan semua pelanggan kami dalam waktu 48 jam dari tanda terima dari aplikasi anda untuk kredit baik formulated. Jika anda benar-benar membutuhkan uang untuk membuat pinjaman ini dalam kondisi bagus silahkan kontak saya dini hari ini untuk mendapatkan pinjaman.
P / tapi tidak serius menahan diri.
E-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Jadi, saya melihat ke depan untuk anda permintaan.
Terima kasih atas pengertian

Unknown mengatakan...

Halo Bu / Pak,
Aku banding untuk semua orang yang membutuhkan dana untuk mereka mengungkapkan bahwa saya meminjamkan uang 1000-800.000 dolar yang kredibel untuk siapa pun dapat membayar dengan bunga di tingkat 3% per tahun, dan untuk periode mulai dari 1 sampai 25 tahun, tergantung quantity yang diperlukan. Aku berikut daerah-daerah:
– Pinjaman keuangan
– Tanah
– Pinjaman investasi
– Mobil pinjaman
– Utang-Konsolidasi
– Penebusan kredit
– Pinjaman pribadi
– Anda berada di arsip
Anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Kita bisa memuaskan semua pelanggan kami dalam waktu 48 jam dari tanda terima dari aplikasi anda untuk kredit baik formulated. Jika anda benar-benar membutuhkan uang untuk membuat pinjaman ini dalam kondisi bagus silahkan kontak saya dini hari ini untuk mendapatkan pinjaman.
P / tapi tidak serius menahan diri.
E-mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Jadi, saya melihat ke depan untuk anda permintaan.
Terima kasih atas pengertian

Unknown mengatakan...

Dalam rangka untuk membantu anda untuk memenuhi hutang anda, untuk realisasinya dari proyek anda, untuk pembelian dari rumah anda atau mobil impian anda. Saya menawarkan anda pinjaman dari 1,000 untuk 800.000$, kredit atau pembiayaan untuk setiap orang mampu untuk pengembalian dana dengan bunga di tingkat 3% untuk siapapun yang tertarik menulis saya, seseorang yang tidak serius menahan diri. Enamel: annemarie.lemoine67@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo
Anda perlu pembiayaan untuk rumah anda untuk bisnis anda, untuk mobil, membeli rumah, membeli sepeda motor untuk menciptakan bisnis anda sendiri, untuk anda pribadi perlu lagi diragukan. Aku khusus pemberian dari pinjaman mulai dari 1000 sampai 800,000 Euro, dengan nominal tingkat bunga 3% terlepas dari jumlah.
Silakan tentukan di aplikasi pinjaman tepat sejumlah yang anda mau serta jangka waktu pembayaran dalam menulis untuk saya pribadi email: annemarie.lemoine67@gmail.com
P. S: aku hanya lends untuk orang-orang successors untuk membalasnya.
Nah untuk anda !!!

Unknown mengatakan...

Halo Mr & Mrs,Di tahun baru 2015 yang saya ingin untuk memberikan bantuan kepada mereka dalam kesusahan dan membawa sukacita di dalam hati mereka. Anda terjebak, dilarang bank dan anda tidak memiliki bantuan dari bank atau lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, yang buruk mengajukan kredit atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, dana untuk berinvestasi pada bisnis. Jadi jika anda membutuhkan pinjaman uang jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya .
Untuk belajar lebih banyak tentang kondisi yang kondusif.
Kontak pertama hanya dengan mail: annemarie.lemoine67@gmail.com
Orang yang tidak serius menahan diri Terima kasih

Lady Mia mengatakan...

Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

Unknown mengatakan...

Hari yang baik,
Nama saya maria Martina. Saya tinggal di Boston, Amerika Serikat dan saya bahagia
wanita hari ini? dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa semua pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi yang buruk kami, saya akan merujuk orang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman dari 25,000.dollars untuk memulai hidup saya semua karena saya seorang ibu tunggal dengan dua anak saya bertemu takut akan Allah pemberi pinjaman kredit wanita yang membantu saya dengan pinjaman dari 25,000.dollars dia Allah takut manusia, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar pinjaman kembali menghubunginya untuk mengatakan bahwa maria Martina merujuk Anda kepadanya. Hubungi Theresa walker melalui e -mail; (Theresawalkerloanfirm@gmail.com) Semoga Tuhan memberkati Theresa walker untuk membawa kebahagiaan untuk hidup saya dan keluarga saya.

Kirim komentar.

Anonim mengatakan...

Kabar baik untuk semua pelanggan terhormat kami, kami di JUDITH FRANKLIN PINJAMAN PERUSAHAAN tawaran pinjaman dari 2% bunga, tetapi saat ini kami menawarkan pinjaman dari 1,5% bunga karena akhir kami dari bonanza tahun. Anda datang pada waktu yang tepat, kami mendesak Anda bahwa jika Anda mengikuti instruksi dan direktif kami, Anda akan bisa mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam setelah aplikasi. hubungi kami melalui judithfranklinloanfirm@gmail.com.
Terima kasih Untuk Binaan Anda.

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo semua,

Saya ibu Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang di dalam kamu kredit Bad? Anda perlu meningkatkan finansial? Aku telah didaftarkan dan disetujui oleh kerajaan untuk mengontrol lembaga finansial. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi-reputasi dan individu untuk tingkat Tersedia di 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan Intl untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan yang bisa membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank didukung untuk apa yang pernah Anda terima bank di negara tersebut. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui
sandraovialoanfirm@gmail.com

Terima kasih
Sandra perusahaan Ovia Pinjaman
Ibu Sandra Ovia

Widya Okta mengatakan...

Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
Terima kasih
Widya Okta

Anonim mengatakan...

Kabar baik untuk semua pelanggan terhormat kami, kami di JUDITH FRANKLIN PINJAMAN PERUSAHAAN tawaran pinjaman dari 2% bunga, tetapi saat ini kami menawarkan pinjaman dari 1,5% bunga karena akhir kami dari bonanza tahun. Anda datang pada waktu yang tepat, kami mendesak Anda bahwa jika Anda mengikuti instruksi dan direktif kami, Anda akan bisa mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam setelah aplikasi. hubungi kami melalui judithfranklinloanfirm@gmail.com.
Terima kasih Untuk Binaan Anda.

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi .all ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltdd@gmail.com
atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang jujur saya dapat memberitahu Anda.
Terima kasih.

Widya Okta mengatakan...

Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
Terima kasih
Widya Okta

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, aku Mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Lady Jane mengatakan...

Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

fatimah mengatakan...

PINJAMAN CEPAT TAWARAN ONLINE DI GRACE MORGAN PINJAMAN SYARIKAT ... Grace Morgan Pinjaman Syarikat adalah pembekal terkemuka pinjaman Worldwide Tidak kira apa keadaan kewangan anda, kami boleh membantu mendapatkan cash.We anda sendiri menyediakan pinjaman untuk penyatuan hutang, pembaikan rumah, tidak bercagar pinjaman, pinjaman untuk kredit buruk, pinjaman perniagaan, pinjaman peribadi, pinjaman Pelajar, pinjaman kereta, mengurangkan Hutang Kad Kredit, Harta Tanah dan Gadai janji anda pada kadar faedah 2%. Tawaran pinjaman dalam talian kami adalah pantas dan mudah untuk apply.it adalah dijamin 100% dan safe.do hubungi kami sekarang untuk maklumat lanjut DI Gracemorganloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo
Ibu saya Isabella, pemberi pinjaman pinjaman pribadi, saya meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena skor rendah kredit, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, perusahaan kredit dan banyak lebih, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelumnya Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, dengan ISABELLA MORGAN KREDIT LAYANAN, layanan pinjaman handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: isabellamorganloanservice@gmail.com
Kami Apakah di sini untuk melayani Anda lebih baik !!!!!!

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

fatma mengatakan...

Halo, nama saya Fatma. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Theresa meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari ($ 100.000) Rp1,360,625,000.00 (1,3 miliar) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi dia melalui email: Theresaloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya feyzilfatma@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Mrs Tracy mengatakan...

Tracy Morgan pinjaman firm, sebagai bagian dari promosi Natal/New Year yang sedang berlangsung, kami sedang persembahan pribadi, pribadi dan komersial pinjaman kepada calon pelamar membutuhkan mendesak pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Mengapa menunggu, Apakah Anda perlu uang mendesak? Kami memiliki uang untuk pinjaman Anda.
Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
Email: tracymorganloanfirm@gmail.com

Mrs Tracy mengatakan...

Tracy Morgan pinjaman firm, sebagai bagian dari promosi Natal/New Year yang sedang berlangsung, kami sedang persembahan pribadi, pribadi dan komersial pinjaman kepada calon pelamar membutuhkan mendesak pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Mengapa menunggu, Apakah Anda perlu uang mendesak? Kami memiliki uang untuk pinjaman Anda.
Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
Email: tracymorganloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
Terima kasih
Widya Okta
Balas

Theresa loan mengatakan...

Apakah Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah atau 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * Kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Pertandingan - Dapatkan Persetujuan - akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan Persetujuan di 10 menit hanya menghubungi kami Email Theresaloancompany@gmail.com REQUEST untuk pinjaman ================= ==== = ==========
Nama: ...................
Nama kedua: ..................
Kontak Alamat: .................
Negara: ...................
Usia: ..........................
Seks: ....................
Nomor telepon: ..............
Status: .................
Pendudukan: ...............
Posisi: .................
Gaji perbulan: ..............
Jumlah pinjaman: .................
Tujuan pinjaman: ...............
Lamanya: ....................
Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
Anda berdiri di bawah bahasa Inggris: ..........
Mohon mengisi dan mengirim formulir ke: Email Theresaloancompany@gmail.com Hormat,

Anonim mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
* Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
* Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
akaun bank
* Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
* Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
* Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
*. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas menghantar permohonan pinjaman
Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
dari awak.

Hubungi syarikat ini sah dan berlesen, yang diberi kuasa
untuk memberi bantuan kewangan kepada Everybody
Maklumat dan permohonan pinjaman lebih bentuk

email: trustloan87@gmail.com


BEST REGARD,
Mr.Anthony Dave.
Trust Loan Company
Email trustloan87@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Dangote Loan Company mengatakan...

Tuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kredit
* Personal Loan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com

Magret Spencer mengatakan...

Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Christy Morris mengatakan...

Halo, saya Mrs Christy Morris, pemberi pinjaman pinjaman pribadi memberikan kesempatan seumur hidup pinjaman ini. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lainnya lembaga finansial? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang berhutang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang mungkin dipercaya dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Kelly

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Anita mengatakan...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? adalah bisnis Anda menangis untuk kebangkitan keuangan, telah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? mencari lagi, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, menipu warga yang tidak bersalah dan meningkatkan rasa sakit mereka. Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com. keberhasilan Anda adalah tujuan kami.
silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Unknown mengatakan...

Am ibu Lucy, pemberi pinjaman "Mengelola solusi Direktur Kredit, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga 2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari $ 6,000dollars sampai maksimal $ 10,000,000dollars dengan jangka waktu pinjaman dari 1 25 tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tidak ada pemeriksaan kredit, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit rumah atau "pinjaman untuk Alasan The! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan pinjaman jumlah yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat bersertifikat dan terdaftar, kami berdua diasuransikan keamanan maksimum pinjaman prioritas utama kami, Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman untuk banyak klien kami dan itu akan mengambil jangka waktu maksimum 12 JAM kerja dan Anda menjamin untuk mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silakan isi keluar Peminjam pinjaman Aplikasi dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk Proses lebih lanjut.

Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
Hormat kami
Lucyloancompany

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Rose Reed, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (rosereedloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami. Ibu Reed.

Sari Wahyuni mengatakan...

Hati-hati di sini. Tidak ada yang bisa membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bebas untuk mendapatkan bantuan keuangan. Setiap jawaban dari pemberi pinjaman kredit untuk pertanyaan Anda, Anda harus mengabaikan, karena mereka adalah penipuan nyata penipuan ... ... Saya adalah korban dari ribuan saya robek dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk saudara-saudara Kristen yang disebut saya organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa ibu Hellene, hellenspencerloanfirm@gmail.com.
Mereka membuat hidup saya berharga dan memberikan makna. Ketika adik memberi saya semata-mata untuk rincian kontak, saya menghubungi dia. Mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 75.000,00 USD dan dalam waktu 48 jam setelah pertemuan itu semata-mata untuk lebih memerangi persyaratan untuk pinjaman, aku terus di rekening bank saya tanpa agunan. Total hidupku aku akan menyesal, karena pada titik waktu saya hanya ayah yang telah bercerai dari anak saya, dan anak saya (Ridwan) dihadapkan dengan situasi hidup dan mati. Jangan ragu untuk menghubungi via Email: hellenspencerloanfirm@gmail.com. Untuk keterangan lebih lanjut. hubungi saya via: sariwahyuni007@gmail.com.

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK !!!
Nama saya Endah Faridah, yang tinggal di jakarta Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka bulan everywhere.Few lalu aku finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp2.000.000.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat peringatan dari angsuran pertama dari saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Mrs. Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

maryan sani mengatakan...

Halo, aku Mrs. Maryan sani Pemberi Pinjaman Pinjaman Pribadi. Perusahaan Kami MENYEDIAKAN Pinjaman PADA Tingkat randah 2%. Apakah Andari Perlu Pinjaman mendesak untuk review melunasi Utang Andari, ATAU Andari Membutuhkan Pinjaman untuk review meningkatkan Bisnis Andari, membayar Tagihan Andari Dan meningkatkan Andari telah dipakai Perusahaan? Andari has ditolak Oleh Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya? LAYANAN Penyanyi akan memberikan Baik Perorangan, Perusahaan, bisnis pria Dan wanita Dan Kami TIDAK costomers terburu-buru Kami membayar, melainkan kitd Memberi mereka LEBIH Banyak Waktu untuk review melunasi laon mereka has dikumpulkan. Namun, Peluang Keuangan PADA Langkah Pintu Andari, Jadi hubungi kami hari Penyanyi via email di: maryansaniloancompany@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Mary Harry mengatakan...

Ibu mary harry, uang pinjaman, saya meminjamkan uang kepada indaividual atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang merupakan periode utang lama dan ingin membayar. Kami menyediakan semua jenis pinjaman Anda dapat pernah berpikir, kita baik pinjaman swasta dan pemerintah, dengan suku bunga kredit dari 2%. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (Maryharryloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

Mrs Jennifer mengatakan...

Jennifer Brown Pinjaman Perusahaan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, perusahaan swasta dan pembentukan masyarakat tanpa agunan, tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya transfer dan tidak ada biaya asuransi.

Kami adalah cepat dan suku bunga asli kami pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan proses pengadaan kredit kami adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan. Kami menawarkan masing-masing jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal. Hubungi kami (jenniferbrownloancompany@gmail.com).

Terima kasih dan ingat untuk menghubungi kami untuk pinjaman Anda.
Salam.

Mary Robert mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman segera?
* Pemindahan Sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
* Pembayaran bermula lapan bulan selepas anda mendapat wang dalam anda
akaun bank
* Kadar faedah yang rendah 2%
* Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Tempoh
* Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
*. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas memfailkan permohonan kredit,
Anda boleh menjangkakan bahawa sambutan awal kurang daripada 24 jam dan
pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kita perlukan
dari awak.
Hubungi sah dan berlesen rasmi syarikat pinjaman
bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman melalui Hubungi sekarang
email: maryrobert422@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

Bunda mengatakan...

Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Tuhan memberkati Anda.

Unknown mengatakan...

Dubril Bandan Kredit, menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
Email: dubrilloanfirm@gmail.com
Skype: dubrilloanfirm1

Unknown mengatakan...

DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ____
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: lydiaclintonloanfirm@gmail.co HIS IS NEW YEAR LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI AN INI KESEMPATAN UNTUK ANDA.

widaya mengatakan...

Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

Chloe Morrison mengatakan...

Saya Chloe Morrison, Sebuah pemberi pinjaman kredit, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang merupakan periode utang lama dan ingin membayar. Kami menyediakan semua jenis pinjaman Anda dapat pernah berpikir, kita baik pinjaman swasta dan pemerintah, dengan suku bunga kredit dari 2%.
Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (Chloemorrisloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

(CHLOEMORRISLOANFIRM)

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Paula Pinto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya butuh modal besar dari $ 200.000,00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Maria Jorge, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Maria Jorge melalui email: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (paulapinto890@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Mrs Martini mengatakan...

Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan, setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online adalah legit kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami berbicara tentang hal itu dan kesimpulan kita bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan Pendiri / CEO dari Badan kredit Theresa pinjaman Perusahaan. Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman dari (800 juta) dengan tingkat bunga rendah, disetujui tanpa stres dan persiapan dibuat untuk transfer dana untuk pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari dua (24) jam dan pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit asli saya, yang bisa memberikan keinginan hati saya. Banyak terima kasih kepada Ibu Theresa untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ms. Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda,
Jadi terima kasih banyak untuk Anda mengambil waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Aku bernama martini, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih banyak arahan melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Lady Mia mengatakan...

Kabar Baik, Setiap Satu. Nama saya Aris Setymin Dari Indonesia tapi aku tinggal di Prahova Rumania, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput untuk rahmat, saya pernah menjadi miskin wanita tapi dia telah berubah saya untuk orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp98,700,500, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi aku memutuskan untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja pinjaman diterima secara online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama CYNTHIA JOHNSON yang merupakan CEO dari Cynthia Johnson Pinjaman Perusahaan.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman ($520,000.00USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat lisensi kesepakatan dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disetorkan ke rekening bank saya.

Jadi saya ingin saran siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi dia melalui: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkati dia dan keluarganya untuk hal-hal baik yang telah dilakukan di hidupku. Anda juga dapat menghubungi saya di arissetymin@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya: ladymia383@gmail.com yang memperkenalkan saya kepada Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia.

Anonim mengatakan...

Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
 
Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

affendi ali mengatakan...

nama saya adalah Affendi Ali dari Ipoh kira-kira 200 km ke utara Kuala Lumpur dan kira-kira 130 km ke selatan Pulau Pinang di Lebuhraya Utara-Selatan di Malaysia saya mahu semua orang membaca mesej ini dengan teliti apabila anda mahu pinjaman janganlah Engkau bebankan kepada semua penerbitan internet pemberi pinjaman pinjaman adalah semua palsu dan penipu i mahu untuk membiarkan anda tahu bahawa tempat terbaik untuk pemberi pinjaman sebenar halus pada halaman Berita Papers. anda akan bersetuju dengan saya bahawa tiada firma atau lander palsu dan tidak berdaftar akan dipaparkan di atas kertas berita tetapi anda boleh denda mereka di internet saya amat gembira untuk berkongsi cerita saya pada saya telah menderita di tangan pemiutang internet palsu di laman web tertentu i akan suka untuk menasihati untuk tidak membayar apa-apa yuran pendaftaran, yuran perpindahan, cukai, bayaran insurans kepada sesiapa pinjaman pemberi pinjaman di laman web ini, saya telah digunakan di beberapa syarikat pinjaman dan pemberi pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk membayar yuran pendaftaran, yuran pemindahan, insurans, cukai dan Morgage beberapa meminta kad kredit dan nombor ATM kad pin i berasa amat kecewa dengan setiap pemberi pinjaman saya bertemu di laman web ini dan internet untuk pinjaman saya tidak pernah memberi saya apa-apa pinjaman tidak RM5, sebaliknya mereka meletakkan saya dalam hutang yang lebih . Saya dalam kesakitan kerana lebih banyak hutang dan kekecewaan saya kehilangan ibu saya tidak mempunyai wang untuk apa-apa, dan saya membayar bayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat aku besar semua i mendapatkan lebih hutang. Saya gembira apabila saya membaca NEWS PAPER minggu lepas mengenai firma pinjaman yang terkemuka di Asia {AASIMAHA Adila AHMED LOAN FIRM} yang memberikan pinjaman kesihatan Puan Lena Tijani untuk pemindahan buah pinggang pembedahan selepas saya membaca ini saya terkejut kerana saya bertanya kepada diri sendiri soalan , dan berfikir firma yang menjadi firma yang sangat baik kerana saya tidak memberi pinjaman perniagaan di mana saya akan membuat keuntungan firma memberi pinjaman kesihatan bagaimana jika mati orang yang saya fikir, ini memberikan saya keberanian untuk menulis {AASIMAHA Adila AHMED LOAN FIRM } dan saya memohon pinjaman sebanyak RM 70,000 Saya mengikuti semua perjanjian pinjaman dan prosedur kontrak, saya berfikir bahawa saya tidak mendapatkan pinjaman lagi, tetapi saya amat mengejutkan apabila pinjaman saya diluluskan dan dihantar ke akaun bank saya dengan SMS dalam saya telefon terus dalam tempoh 12 jam dari tarikh permohonan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya mendapat kewangan yang stabil kerana saya menulis mesej ini. Oleh itu, jika mana-mana anda berada di sini untuk memohon pinjaman, (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com), mereka adalah satu-satunya firma sebenar, yang lain adalah palsu. Hanya ikut semua prosedur dalam pinjaman firma dan saya memberi jaminan kepada anda bahawa anda akan mendapat pinjaman seperti saya berhati-hati dalam pinjaman internet, di LOAN FIRM NOMBOR AKAUN AASIMAADILAAHMED paling BE BETUL DENGAN NAMA BORANG PERMOHONAN hubungi saya juga maka aku akan memberikan lebih banyak maklumat mengenai (affendiali84@gmail.com) Terima kasih kerana membaca (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) cepat dan asli

Mrs Aisha Bukafia mengatakan...

hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com untuk pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

Mrs Aisha Bukafia mengatakan...

hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com untuk pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

Mrs Aisha Bukafia mengatakan...

hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com untuk pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
chloemorrisloanfirm@gmail.com
Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

teddy lisa mengatakan...

Saya Teddy Lisa yang pengedar kereta, setia Islam. Adakah anda putus asa atau kecewa? yang anda menyesal pernah memulakan perniagaan? Adakah anda menghadapi masalah? atau anda hanya mendapat melalui kegagalan perniagaan? yang anda mahu untuk menghentikan proses keusahawanan? yang anda mahu untuk menghentikan perniagaan anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan ijazah? i adalah mangsa semua cabaran-cabaran ini Jika salah satu keadaan di atas berkaitan dengan anda, maka saya mempunyai beberapa nasihat untuk anda, membina perniagaan yang pasti bukan satu tugas yang mudah ia adalah satu proses yang kebanyakan orang takut kepada cabaran yang terlibat dan itulah sebabnya banyak orang lebih suka menyimpan pekerja supaya mengambil langkah berani untuk memulakan perniagaan anda sendiri anda telah benar-benar membuktikan keberanian anda membina perniagaan yang berjaya dari awal hanya tentang surmounting cabaran tidak lebih, tidak kurang ada usahawan yang berjaya mempunyai satu perjalanan yang sempurna untuk bahagian atas dan tidak akan cabaran, kekecewaan dan kegagalan akan sentiasa berada di sana tetapi cara anda mengendalikan mereka yang menentukan sama ada anda akan berjaya atau tidak ramai orang-orang yang mengatakan mereka adalah pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah seorang mangsa penipu internet untuk 9 bulan. saya rasa bahawa hidup saya sudah berakhir dan perniagaan ke bawah supaya saya melawat pengumuman pinjaman tapak satu hari, dan saya terserempak dengan tuan rumah yang besar, Aasimah Aadila, pengiklanan kredit dan saya mengambil iman dan memohon pinjaman daripada Rp500,000,000,000.00 selepas mengisi keluar bentuk dan semua proses yang telah dilakukan, saya telah diminta untuk membayar caj yuran perpindahan dan saya juga mengambil iman dan membayar yuran, sayang kejutan terbesar saya saya. Dia memberikan saya pinjaman Rp500,000,000,000.00 dengan kadar faedah yang sangat rendah 1% dan juga tanpa cagaran, tanpa penjamin dan tiada yuran pendaftaran kepada kejutan terbesar saya pinjaman saya diluluskan siap, dalam tempoh kurang daripada 5 jam saya mempunyai wang dalam akaun saya tanpa apa-apa masalah sebab mengapa saya membuat kesaksian ini hingga ke hari ini untuk dia, kerana dia berubah semua kesedihan saya kegembiraan dan ketawa rakan-rakan Indonesia saya, dia adalah Tuhan dihantar untuk membantu saya untuk keterangan hari ini bahawa anda menghubungi abang saya dan kakak saya dan anda akan berpuas hati dengan hidup lagi dan semua hidup saya, saya akan menjadi sangat greatfull untuk Aasimah Aadila hubungan pINJAMAN SYARIKAT Puan Aasimah Aadila sendiri e-mel (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini anda juga boleh menghubungi saya di (teddylisa2020@gmail.com) kawan saya (omogbudeabundace@gmail.com), beliau adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar yuran saya apabila saya takut bahawa dia mungkin menjadi salah satu penipu internet tetapi kasih sayang di kalangan semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang mengambil berat apa-apa yang tidak pergi ke pemberi pinjaman dalam talian, mencari sebuah syarikat pinjaman geniue semoga Allah membantu kita semua sekali lagi alamatnya (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

saint monica mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan dari, apakah Anda yang serius membutuhkan pinjaman mendesak dari, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk Mencapai keinginan Anda Karena Kami menyediakan pinjaman pribadi, bisnis pinjaman, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di saint perusahaan pinjaman monica, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dan memasuki tahun baru dengan senyum di wajah mereka, Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {}saintmonicaloanfirm@gmail.com peminjam informasi:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: Pinjaman Durasi _______: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________
(Saintmonicaloanfirm@gmail.com)

widaya mengatakan...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

zalina dianto mengatakan...

KISAH KEJAYAAN
salamalakum, sila, saya mahu anda semua untuk berhati-hati dalam laman web ini adalah penuh dengan pemberi pinjaman palsu saya zalina Dianto, Indonesia telah menjadi mangsa penipuan di tangan pemiutang palsu, saya ditipu penipuan hampir Rp37,000 pada tahun ini saya semua kerana saya perlu Rp580, 000,000 yang besar, saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi, perniagaan saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. i mearnt yang tennant yang memperkenalkan saya kepada ibu Aasimah Aadila, membantu saya mendapatkan pinjaman dalam syarikat itu, mereka memberi saya pinjaman sebanyak 1% kepada kos pendaftaran atau pemindahan yuran, ibu baik saya mahu menggunakan peluang untuk mengatakan terima kasih, jika anda memerlukan kenalan pinjaman, Aasimah Aadila melalui e-mel (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) e-mel di I (zalinadiato@gmail.com) boleh tuhan memberkati mereka

Unknown mengatakan...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Email: gloryloanfirm@gmail.com ... silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Unknown mengatakan...

JANGAN Ignor SARAN INI
Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com,
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

widaya mengatakan...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

Anonim mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjalnya untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini di Rumah Sakit uffure dan ($ 4000000USD) Kami akan menyediakan untuk ginjal.
rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam operasi ginjal dan kami juga menangani jual beli. Transplantasi ginjal donor dengan hidup yang sesuai. Kami terletak di India.usa dan Nigeria Jika Anda tertarik untuk membeli atau menjual ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
email: uffurehospital33@gmail.com
Menunggu jawabanmu.
Dr. Peter Williams

Lady Jane mengatakan...

Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

danisy arizana mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman? Bank itu telah menafikan anda pinjaman, kami berada di sini untuk membantu anda dari segi kewangan, untuk mendapatkan pinjaman segera apa-apa amaun di mana-mana destinasi. kebahagiaan anda adalah keutamaan kami. Kami menyediakan pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman korporat dan semua jenis pinjaman dengan kadar faedah pada 2% untuk maklumat lanjut sila hubungi kami melalui e-mel (danisyarizanaloancompany@gmail.com) untuk mengambil langkah ini dan memecahkan kesusahan kewangan dalam hidup anda dan keluarga jadi tergesa-gesa dan hubungi kami

danisy arizana mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman? Bank itu telah menafikan anda pinjaman, kami berada di sini untuk membantu anda dari segi kewangan, untuk mendapatkan pinjaman segera apa-apa amaun di mana-mana destinasi. kebahagiaan anda adalah keutamaan kami. Kami menyediakan pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman korporat dan semua jenis pinjaman dengan kadar faedah pada 2% untuk maklumat lanjut sila hubungi kami melalui e-mel (danisyarizanaloancompany@gmail.com) untuk mengambil langkah ini dan memecahkan kesusahan kewangan dalam hidup anda dan keluarga jadi tergesa-gesa dan hubungi kami

Unknown mengatakan...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, kami adalah pemberi pinjaman yang handal dan kami mulai program pinjaman untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan peluang bagi orang yang kurang beruntung untuk memungkinkan mereka untuk mengembangkan diri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (mariasednerloanfirm@gmail.com). informasi debitur mengisi formulir di bawah ini:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor telepon: ________

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

lian she mengatakan...

Saya lian she tinggal di Rejosari 008/005, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, senang anounce kepada dunia bahwa saya mendapat nilai pinjaman saya sebesar Rp 380.000.000 juta dari (anthony.yulianalenders@gmail.comi) setelah beeing scammer 15.nillion oleh beberapa kreditur palsu, silahkan bagi anda yang mencari untuk pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada pemberi pinjaman palsu di mana-mana, terima kasih mungkin allah memberkati Anda semua, emial saya adalah (lianshe4@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Investasi Kredit" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

makr mengatakan...

Halo, Apakah Anda perlu pinjaman dari perusahaan terbesar dan terpercaya
Di dalam dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang untuk kami menawarkan pinjaman kepada semua
kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf. Kami menawarkan
Pinjaman dengan tingkat bunga 3%, Hubungi kami melalui email:
homeloan1011@gmail.com

(1) Nama Lengkap
(2) Alamat Lengkap
(3) Negara
(4) Umur
(5) Pekerjaan
(6) Beritahu nomor telepon
(7) Seks:
(8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
(9) Durasi Pinjaman

Email kami di: homeloan1011@gmail.com

makr mengatakan...

Halo, Apakah Anda perlu pinjaman dari perusahaan terbesar dan terpercaya
Di dalam dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang untuk kami menawarkan pinjaman kepada semua
kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf. Kami menawarkan
Pinjaman dengan tingkat bunga 3%, Hubungi kami melalui email:
homeloan1011@gmail.com

(1) Nama Lengkap
(2) Alamat Lengkap
(3) Negara
(4) Umur
(5) Pekerjaan
(6) Beritahu nomor telepon
(7) Seks:
(8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
(9) Durasi Pinjaman

Email kami di: homeloan1011@gmail.com

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halima Jamiu PINJAMAN Penawaran
Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita?
Apakah Anda Seorang Pegawai Negeri Sipil atau Public, Mahasiswa, Petani & Pedagang yang membutuhkan pinjaman mendesak?
Apakah Anda secara finansial stres atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?
Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?
Penawaran besar Sini !!! Halima Jamiu Pinjaman Perusahaan .....
Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah dalam bunga sebesar 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin langsung dalam waktu 24 jam pengobatan.
Kontak Email: Halimajamiuloancompany@gmail.com
Kami menunggu Respon langsung Anda
Terima kasih

Anonim mengatakan...

Selamat siang Semua orang,

Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Alyasaa Daburah Lender saat ini menawarkan pinjaman jangka panjang dan pendek untuk individu perusahaan dan badan-badan yang serius membutuhkan dukungan keuangan untuk meningkatkan bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya pada tingkat bunga rendah berlaku untuk bekerja sama jenis pinjaman keuangan, dalam setiap bagian dari dunia ini terjangkau, apa keunggulan kompetitif, pada suku bunga rendah, fasilitas dijamin, Mari kita aplikasi Anda sekarang dengan rincian untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini
melalui email: alyasaadaburahlenders@gmail.com

fatimah mengatakan...

Halo semuanya
Saya MRS GRACE MORGAN.
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Pinjaman Investasi" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Anda telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau biaya dari perusahaan kami.
 
Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

Unknown mengatakan...

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIP S
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Investasi Kredit" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

AHMED.E mengatakan...


Selamat siang
ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan saksama. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dengan kreditur kreditur legit, saya telah menderita di tangan kreditor internet palsu di situs-situs tertentu, saya telah mengajukan beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah meminta saya untuk Pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Saya merasa sakit karena hutang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman agar bisa menghasilkan hutang yang lebih besar. Saya senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dialah yang memberi tahu saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN LOAN FIRM, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi saya sangat senang saat pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah mendaftar. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan stabil secara finansial saat saya menulis pesan ini. Jadi jika ada di antara Anda yang mengajukan permohonan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman nyata, yang lain salah. Ikuti saja semua prosedur di Nicole Morgan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjamannya, jadilah bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi ibu Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
Hubungi saya juga supaya saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan penjaga hadijaboften2@gmail.com
Terima kasih.

yusi retnowati mengatakan...

Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown mengatakan...

Halo,
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda memerlukan uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH CHRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja,
Hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat bekerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah kamu melamar dulu?
16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
17) Tanggal lahir:
Nyonya Elizabeth.
Perusahaan pinjaman Elizabeth
Email: elizabethchristopherloan@gmail.com
Terima kasih,

zalina dianto mengatakan...

INFORMASI PENTING HARAP BACA
JANGAN MENGIKUTI
Tolong, hati-hati dengan email berikut (6) alamat yang menggunakan nama indonesia untuk menipu orang dan dipinjamkan dengan palsu dipecat berkali-kali sehingga mereka tidak memberi saya pinjaman.

1. (sultanbudi.loanlender@gmail.com) palsu
2. (Nurulrahman01.loanfirm@gmail.com) palsu
3. (Mohammadl.lenders@gmail.com) palsu
4. (Aliamir.finance@gmail.com) palsu
5. (Hassan.kredithome@gmail.com) palsu
6. (Hidayatannisa.loanlenders@gmail.com) palsu

Saya melihat pondasi toyota di surat kabar dimana saya mengajukan permohonan modal ventura, saya menerima pinjaman sebesar Rp 900.000.000 juta dengan tekanan dan tidak ada penundaan jika Anda membutuhkan modal ventura yang besar atau jenis pinjaman dengan tingkat bunga rendah 1% lalu menghubungi toyotafoundation yang membantu janda. Seperti saya dan banyak orang di daerah saya hari ini via ((toyotacommunityfoundation@gmail.com)) alamat email saya adalah zalinadiato@gmail.com
Terima kasih telah membaca semoga allah memberkati anda untuk berbagi informasi penting ini

fadlika mengatakan...

BERITA BAIK, BERITA BAIK
Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt dengan penundaan dan tidak meminta Kami membayar biaya pendaftaran atau pajak dan biaya transfer, semoga semuanya memberkati ibu perusahaan.

Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
A) wilson_Gyna8@gmail.com
B) donalanny20@yahoo.id
C) miminedi@gmail.com
D) adutyuyani@gmail.com

Terima kasih telah membaca ,
Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Selamat siang

Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya, saya adalah direktur pinjaman Arlene Williams dari perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pribadi Pinjaman untuk bisnis atau untuk mewujudkan impian mereka. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

SILAHKAN KONTAK LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:

(Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau hubungi saya via nomor whatsapp saya +2349079785567

Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

Terima kasih

fadlika mengatakan...

BERITA BAIK, BERITA BAIK
Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt dengan penundaan dan tidak meminta Kami membayar biaya pendaftaran atau pajak dan biaya transfer, semoga semuanya memberkati ibu perusahaan.

Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
A) wilson_Gyna8.loankredit@gmail.com
B) donalanny20. lenders@yahoo.id
C) miminedi@.krediuniongmail.com
D) adutyuyani.finance@gmail.com

Terima kasih telah membaca ,
Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
,BBM PIN # (D8DA4EA9

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Assalamualaikum
Ini adalah {ISKANDAR LESTARI KREDIT PERSATUAN} kami di sini untuk melindungi Anda terhadap = Hiu Pinjaman = membantu Anda membangun Riwayat Kredit Buruk Anda, antara lain jadi kami menawarkan varietas pinjaman dengan APR 1,4%, pinjaman yang tersedia adalah sebagai Berikut: pinjaman jembatan = untuk memenuhi kebutuhan finansial mendesak Anda: Pinjaman usaha = untuk mendirikan usaha baru atau membiayai kembali usaha yang ada: konsolidasi atau pembayaran hutang Pinjaman = untuk menimbulkan masalah hutang Anda: Jumbo atau beli uang pinjaman = untuk membantu Anda Dapatkan rumah impian Anda seperti real estat: Pinjaman perdana atau subprime = terlepas dari apakah riwayat kredit Anda sehat atau tidak: hari bayaran atau pinjaman pribadi = untuk memenuhi biaya keuangan tak terduga Anda atau tagihan semua ini dan banyak lagi. Tanpa biaya mulai dari transfer, pencairan, originasi hingga pengolahan silahkan hubungi kami sekarang melalui kami
E-mail{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} atau jika Anda ingin menghubungi Ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui {# BBM = D8980E0B}

Mrs. Phyllis Sue South mengatakan...

halo,
Adakah anda secara kewangan turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan perniagaan anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman yang boleh dipercayai dan kami memulakan program pinjaman ini untuk membasmi kemiskinan dan mewujudkan peluang bagi yang kurang istimewa untuk membolehkan mereka membina sendiri dan menghidupkan kembali perniagaan mereka tahun baru ini. untuk maklumat lebih lanjut, anda boleh menghubungi kami melalui e-mel: (febianjoan@gmail.com). mengisi borang Maklumat Peminjam bawah:

Nama penuh: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Diperlukan: _______
Tempoh Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nombor telefon bimbit: ________

sila mengajukan permohonan syarikat yang sah.

Unknown mengatakan...

TESTIMONI PENERIMAAN PINJAMAN

Salam untuk Anda semua

Bagi saya, pinjaman antar individu tidak pernah ada. Tapi dengan mendengar beberapa kreditur yang tampak serius di forum dan blog pilihan saya diarahkan ke Lady lain yang dingin. Dia tidak memberiku pinjaman sebesar $ 50,000 USD; Menurut hukum Eropa di Prancis, saya menyarankan Anda untuk membuat pilihan yang tepat untuk tidak jatuh pada jaringan palsu.
Terima kasih untuk semua yang bersaksi kepadanya; Ini adalah referensi. Anda dapat dengan aman menghubungi melalui e-mail perusahaan: Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com atau hubungi dia dengan nomor whatsapp +2349079785567.

Mohon hubungi dia dan terima kasih semua yang mencerminkan kemurahan hatinya kepada dunia ...

Salam

Farhan aldy

Lady Jane mengatakan...

Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

Mia fitriani mengatakan...

Nama saya Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
BBM:D8633B93

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
BBM:D8633B93

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Assalaamu'alaikum
   Kami memiliki pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman pembayaran hutang, untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, dan layanan pribadi untuk mendukungnya. Penurunan tarif, tidak ada biaya penutupan, dan biaya konsultasi, tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pemrosesan dll. Jadi, agar benar-benar efektif sebagai pemberi pinjaman uang, kami yakin penting untuk menawarkan berbagai macam layanan dan solusi.
- mulai dari jutaan {RM, RP, $, £, dll}
-24 jam persetujuan.
Suku bunga rendah.
-Tidak ada jaminan yang dibutuhkan
Rencana Angsuran yang Fleksibel.
- Rebate settlement awal
    Pinjaman Anda dapat ditransfer tunai langsung ke rekening bank Anda dalam satu jam Tidak ada penundaan yang diperlukan, kami memiliki tingkat persetujuan tertinggi di sekitar, jadi lanjutkan sekarang juga.
Kami juga berkomitmen untuk membuat keputusan dalam waktu sesingkat mungkin.
Kami terus berupaya meningkatkan layanan pelanggan sehingga kami dapat memberikan pinjaman yang disesuaikan untuk setiap klien

KONTAK ALAMAT
E-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
          :::::: {queenjamillah09@gmail.com}
          :::::: {anggaannisa1979@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Assalaamu'alaikum
   Kami memiliki pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman pembayaran hutang, untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, dan layanan pribadi untuk mendukungnya. Penurunan tarif, tidak ada biaya penutupan, dan biaya konsultasi, tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pemrosesan dll. Jadi, agar benar-benar efektif sebagai pemberi pinjaman uang, kami yakin penting untuk menawarkan berbagai macam layanan dan solusi.
- mulai dari jutaan {RM,RP,$,£,dll}
-24 jam persetujuan.
Suku bunga rendah.
-Tidak ada jaminan yang dibutuhkan
Rencana Angsuran yang Fleksibel.
- Rebate settlement awal
    Pinjaman Anda dapat ditransfer tunai langsung ke rekening bank Anda dalam satu jam Tidak ada penundaan yang diperlukan, kami memiliki tingkat persetujuan tertinggi di sekitar, jadi lanjutkan sekarang juga.
Kami juga berkomitmen untuk membuat keputusan dalam waktu sesingkat mungkin.
Kami terus berupaya meningkatkan layanan pelanggan sehingga kami dapat memberikan pinjaman yang disesuaikan untuk setiap klien

KONTAK ALAMAT
E-mail::::::{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
          :::::: {queenjamillah09@gmail.com}
          :::::: {anggaannisa1979@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

Unknown mengatakan...

Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
 
Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
 
Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

Unknown mengatakan...

Inilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, membuat kesuksesan tahun Anda, dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman ? Atau pernahkah Anda meminjam dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga rendah dan tingkat bunga 2% yang terjangkau. Silahkan hubungi kami via e-mail hari ini via christianmorganloanservices@gmail.com

DATA PEMOHON:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Sudahkah kamu melamar dulu?
16) tanggal lahir;

Terima kasih,
Nyonya Christian

SUWANDI ROBBY mengatakan...


BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

SUWANDI ROBBY mengatakan...


BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

Annisa Ahmad mengatakan...

Halo

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan Anda / membangun Annisa Ahmad untuk membantu mereka yang membutuhkan arsip keuangan tujuan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman dengan bunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank atau kreditor lainnya? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau kebutuhan. investor
Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

Annisa Ahmad mengatakan...

Halo

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan Anda / membangun Annisa Ahmad untuk membantu mereka yang membutuhkan arsip keuangan tujuan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman dengan bunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank atau kreditor lainnya? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau kebutuhan. investor
Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

Oche mengatakan...

Salam pembuka!
Nama saya Oche Wirmayaty, saya berasal dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa kreditur di sini tidak mau membantu Anda, yang mereka inginkan hanyalah merobek uang hasil jerih payah Anda. Saya dan suami saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda secara online namun pada akhirnya, kami menipu dan merobek uang kami dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar kreditur ini secara online tapi pada akhirnya, kami tidak mendapatkan apa-apa.

Suami saya dan saya berhutang, dan bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya harian sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory pinjaman perusahaan, yang telah membantu kami dengan menawarkan kepada kami. Jumlah pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta tanpa agunan,Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak dan tidak ada asuransi biaya.

Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di USA, Eropa dan seluruh Asia dan komitmen kepada Anda. Glory Pinjaman Perusahaan didedikasikan untuk memfasilitasi impian dan membantu kita semua yang telah Tertipu dan ditipu dan curang dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda layanan kelas dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menghubungi Mrs. Glory atau mengikuti prosedur pemberian pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: (aisyahyu7@gmail.com)
Atau Anda bisa mengirim email ke Ibu Glory ke: (gloryloanfirm@gmail.com) Tuhan memberkati kita semua..

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pemberi pinjaman swasta? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Apakah bank anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan.
Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman real estat, pinjaman kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial dan Tidak ada penipuan, banyak lagi.


Tidak ada permainan, bisnis saja
Jumlah Pinjaman: Minimal $ 1.000 sampai jumlah pinjaman maksimum $ 50.000.000,00 Dan nilai mata uang lainnya
Suku bunga pinjaman: 2%
Area pinjaman: seluruh dunia
Durasi maksimal: sampai 25 tahun
Tidak ada penalti prabayar

Pendanaan segera setelah dokumentasi dan persetujuan yang tepat.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui pesan melalui email pribadi kami di gloryloanfirm@gmail.com

Mrs. Ibrahim Maisara mengatakan...


Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
Hubungi kami melalui :
http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
BBM: D8CFF0A7

Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
Hubungi kami melalui :
http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
BBM: D8CFF0A7

Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
Hubungi kami melalui :
http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
BBM: D8CFF0A7

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kabar baik bagi Anda semua membutuhkan dana pinjaman cepat untuk proyek Anda, atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif yang lebih rendah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat andal, jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kabar baik bagi Anda semua membutuhkan dana pinjaman cepat untuk proyek Anda, atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif yang lebih rendah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat andal, jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

SUWANDI ROBBY mengatakan...

BERITA BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

Unknown mengatakan...

Salam pembuka!
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Ibu Glory mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

hendi Zikri didi mengatakan...

CERITA SUKSESKU
Halo teman dan keluarga saya, tolong saya ingin kalian semua berhati-hati di internet. Saya akan meminta saran agar Anda tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semuanya nyata, ini adalah tipuan, mereka akan meminta Anda mengirimkan uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan tetap saja Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka Semua pencuri Saya telah menjadi korban di 4 kreditur yang berbeda di sini dan saya mengirim pelukan uang karena saya sangat ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, namun saya tidak dapat memperoleh pinjaman darinya. Harap Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditur kredit saya yang sangat percaya karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya adalah Begitu banyak rasa sakit karena saya memiliki banyak hutang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya untuk menemukan pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru AASIMAHA ADILA, dan kami menerapkannya di perusahaan, jadi saya Teman adalah salah satu dari Membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan dan agar Tuhan mendapat kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar Rp 962 juta pada 1%. Jadi jika Anda memerlukan modal ventura atau pinjaman modal besar, Anda harus menghubungi AASIMAHA ADILA dan mengikuti peraturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 3 jam, pengiriman uang sangat cepat dan cepat yang dapat Anda capai. Dia di emailnya di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
PIN BBM # (D8DA4EA9)
.
Anda masih bisa menghubungi saya di email saya di
Hendidi01@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk investasi apa pun, Pinjaman untuk investasi baru, Pinjaman untuk membayar hutang dan tagihan, Pinjaman untuk perluasan bisnis, atau bila Anda menolak oleh bank pinjaman, tempat Anda menipu di internet sebuah perusahaan pinjaman . Cari tidak lagi, bersamaan dengan Kantor Kredit Cahya Kirana. Kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah 2%, tanpa agunan. Kami terkenal di seluruh dunia dan berkembang, kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran. Setiap orang memiliki potensi, kebutuhan, keinginan dan masalahnya sendiri. Hubungi kami hari ini di Email: cahya.creditfirm@gmail.com ,, dan jadilah salah satu pelanggan terhormat kami, karena perusahaan bersedia membantu.

Ansori Zaeni mengatakan...

Pinjaman hiu jahat tanpa simpati manusia, senjata pinjaman adalah orang-orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusia, mereka terlalu ketat, saya sangat frustrasi dan disiksa oleh pinjaman hiu saya kehilangan harta benda saya termasuk mobil dan rumah saya untuk pinjaman hiu Karena ketidakmampuan saya untuk bertemu dengan cicilan pinjaman saya dengan mereka, pinjaman hiu tetap memburu saya tanpa belas kasihan saya ditakdirkan, saya tidak punya pilihan selain membayar kembali sehingga saya bebas dari mereka, saya dipaksa untuk mencari Pinjaman di tempat lain jadi saya akan melunasi hutang saya dengan karena ini adalah satu-satunya alternatif yang tersisa untuk saya, maka saya mulai mencari pinjaman di internet saya mendapatkan semacam Ibu Pemberi Pinjaman. Ibrahim Maisara yang menawari saya pinjaman sehingga saya bisa melunasi hutang saya dengan pinjaman hiu hari ini, itu adalah Ibu. Ibrahim Maisara yang membantu saya dengan memberi saya pinjaman, mereka tidak seperti hiu pinjaman jahat, mereka adalah perusahaan pinjaman terbaik untuk mendapatkan pinjaman, siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus menghubungi mereka dengan alamat kontak mereka: ibrahimmaisaralenders@gmail.com Atau Undang BBM: D8CFF0A7 mereka pemberi pinjaman yang baik, terpercaya dan terpercaya, Hubungi Ibu. Ibrahim Maisara Perusahaan Pinjaman dan mudah mendapatkan pinjaman dari mereka.
Assalamu'alaikum wr wb,

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi Saya ingin membagikan karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi itu buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta disini di indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya.
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dipercaya oleh ELINA JOHNSON LOAN FIRM.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM Rp500.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui ELINA JOHNSON LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya mohon saran anda jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ELINA JOHNSON LOAN FIRM. Hubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Widya Okta mengatakan...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Unknown mengatakan...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, firma dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar
via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) atau melalui dia
BBM INVITE: {D8980E0B}

Unknown mengatakan...

Salam pembuka!
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena menggunakan Ibu Glory untuk mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik bisnis saya yang bangga, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan.

Oche mengatakan...

Halo semuanya
Nama saya Oche Wirmayaty,, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Glory, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 600 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Glory bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Ibu Glory melalui email:(gloryloanfirm@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya di saya email:(aisyahyu7@gmail.com)
Sekarang,
Yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan. Semoga ALLAH terus memberkati perusahaan untuk kesempatan ini yang diberikan.

RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT COMPANY mengatakan...

RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
Kedamaian selalu bersamamu. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang disini di internet. RIKA ANDERSON Perusahaan Pinjaman adalah solusi terbaik untuk kebebasan finansial Anda, dan menjadikan tahun 2017 Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman RIKA ANDERSON dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui Dalam waktu 24 jam asalkan Anda asli. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang yang berbeda, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami menawarkan pinjaman dan persyaratan pembayaran (1-10 tahun) untuk pembayaran kembali. Jika ragu, silahkan hubungi Ibu Aisyah Abdullah melalui aisyahabdula@gmail.com, dia akan memberitahu Anda bagaimana kami meminjamkan dia dua ratus juta rupiah (200.000.000 RP) dalam waktu kurang dari 48 jam. Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga tahunan yang rendah dan terjangkau sebesar 2%. . Silahkan hubungi kami melalui saluran layanan pelanggan kami, atau mohon isi formulir di bawah ini dan biarkan kami membantu Anda
Email rikaandersonloancompany@gmail.com
Twitter rikadiananderso
Instagram rikaandersonloancompany
Viber: +12676524965

DATA PEMOHON:
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status Perkawinan:
6) Bekerja:
7) Posisi di tempat kerja:
8) Penghasilan Bulanan:
9) Nomor Telepon:
10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
11) Durasi Pinjaman:
12) Pinjaman Bunga:
13) Agama:
14) Sudahkah anda melamar sebelumnya;
15) tanggal lahir;
16) jika Anda telah menolak memberikan alasan ........................................ ..
Terima kasih.

rossa stanley loan mengatakan...

Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, jangan khawatir lagi karena @ ROSSA STANLEY perusahaan pinjaman, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang memberikan hassle free loan kepada individu-individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan bunga sebesar 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Dipastikan bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. . Hubungi layanan pelanggan kami

  Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
  Viber: +15186756750
  Instagram: Rossamikefavor
  Twitter: Rossastanlyloan
  Facebook: Stanley Rossa
  
 untuk respon cepat dan cepat ....
 Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini :,
                                               
                                                   DATA PEMOHON:
1. Nama
2. negara
3. Alamat
4. Jenis kelamin
5. Bekerja
6. Posisi di tempat kerja
7. Pendapatan bulanan
8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
9. Durasi pinjaman
10. Agama
11. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
12. jika Anda telah menolak memberikan alasan ........................................ ..
     .................................................. ....... ...
     .................................................. ....... ...
     .................................................. ..........
     .................................................. ....... ...
 
 
 
                                     Kami hadir untuk kebutuhan finansial anda

annisa berkarya mengatakan...

Salam kepada semua orang, nama saya annisa dari bali, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, mungkin saja saya dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda melakukan scammed, Ya mereka adalah scammers, mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah memperoleh pinjaman saya persis 150.000.000 IDR, walaupun ada beberapa yang menolak karena mereka tidak dapat memenuhi pinjaman kondisi. Tapi saya dikabulkan karena saya melakukannya dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya. Sebelum saya lupa minatnya sangat rendah yaitu 2%. Bisnis saya baik-baik saja dan saya sudah mulai membayar cicilan bulanan saya dan saya sangat senang. Hubungi ibu Rossa Stanley melalui saluran layanan pelanggan perusahaan, saya yakin Anda akan senang melakukannya.


Email: Rossastanleyloancompany@gmail.com
twitter: Rosastanlyloan
instagram: rossmikefavor
viber: +15186756750

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berulang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengan jumlah pasti yang saya berikan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang

ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
BBM: D8633B93

annisa berkarya mengatakan...

Halo semuanya, saya mr annisa berkarya, saya ingin memberikan semua saran, kalian semua seharusnya tidak mengajukan pinjaman di perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini semua palsu. Mereka adalah orang yang sama yang melakukan semuanya, mereka tetap sama orang yang melakukannya. jadi tolong berhati-hatilah untuk tidak menipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp10.000.000 juta untuk pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya, saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi ,
 Menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang atau peraturan keuangan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, kreditor atau perusahaan selain Tuhan bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar Rp400.000.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya saya ke (ROSSA STANLEY LOAN COMPANY), mereka adalah perusahaan pinjaman terkemuka sekarang, mereka ada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan curang sebelumnya, sekarang Anda memerlukan pemberi pinjaman asli dan asli, cukup gunakan pada (rROSSA STANLEY LOANCOMPANY) melalui
email: ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM. Setelah Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda asalkan Anda tulus dan serius dengan mereka, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam setelah jam kerja, Mereka cepat dan saya harus membantu negara saya dari penipuan, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: annisaberkarya @ gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang ROSSA STANLEY LOAN FIRM, saya siap membantu anda, Tuhan memberkati anda semua. CATATAN semuanya. CATATAN, TIDAK ADA BUKAN SEPERTI ASURANSI, pemberi pinjaman atau perusahaan sebenarnya tidak mengumpulkan biaya ini. Allah memberkati kita semua, umur panjang negara kita Indonesia dan umur panjang bagi orang-orang baik di negara saya.

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

maria mengatakan...

Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami memberikan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi baik dengan suku bunga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) nama:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status perkawinan:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi di tempat kerja:
9) penghasilan bulanan:
10) Jumlah pinjaman:
11) Jangka waktu pinjaman:
12) Tujuan pinjaman:
13) Tanggal Lahir:
Terima kasih

Maureen mengatakan...

UPDATE ON LOAN REQUIREMENT

If you are in need of some financial support and you can pay back the loan at a given period.? *Need 100% financing contact Email : (bdsfn.com@gmail.com )
(anatiliatextileltd@gmail.com)
(bdsfn.com@gmail.com)
What is your situation? *Need 100% financing *Can't verify income *Can't verify employment *Recently self employed *Bankruptcy Collections *Credit issues *Accumulated Bills Settlement * Personal Investment Project or Company Investment Projects e.t.c. Apply for a quick and convenient loan to pay off bills and debts, start a new business or refinance your projects and expand your business in this year 2017 at the cheapest interest rate of %. For more details email
us today via email:(bdsfn.com@gmail.com)

For more details :Email : bdsfn.com@gmail.com
Name :
Country :
Phone number :
Amount Needed as Loan :
Purpose of Loan :
Have you applied for loan online before (yes or no)
Email : bdsfn.com@gmail.com
Emaill: anatiliatextileltd@gmail.com
Best Regards.
Mrs.Emilia FedorcakovaUPDATE ON LOAN REQUIREMENT

If you are in need of some financial support and you can pay back the loan at a given period.? *Need 100% financing contact Email : (bdsfn.com@gmail.com )
(anatiliatextileltd@gmail.com)
(bdsfn.com@gmail.com)
What is your situation? *Need 100% financing *Can't verify income *Can't verify employment *Recently self employed *Bankruptcy Collections *Credit issues *Accumulated Bills Settlement * Personal Investment Project or Company Investment Projects e.t.c. Apply for a quick and convenient loan to pay off bills and debts, start a new business or refinance your projects and expand your business in this year 2017 at the cheapest interest rate of %. For more details email
us today via email:(bdsfn.com@gmail.com)

For more details :Email : bdsfn.com@gmail.com
Name :
Country :
Phone number :
Amount Needed as Loan :
Purpose of Loan :
Have you applied for loan online before (yes or no)
Email : bdsfn.com@gmail.com
Emaill: anatiliatextileltd@gmail.com
Best Regards.
Mrs.Emilia Fedorcakova

Mia fitriani mengatakan...

Saya, Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY, dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 4 kreditur yang berbeda.

Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan segala permintaan dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp350.000.000 dari perusahaan besar ini, Email perusahaan. (magretspencerloancompany@gmail.com),

Catatan: ini alamat email Indriaty Manirjo [indriatymanirjo010@gmail.com]

Jadi saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.

Annisa Ahmad mengatakan...

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,

Mrs. Ibrahim Maisara mengatakan...

Anda bisa disetujui untuk pinjaman hari ini!

Pinjaman yang mudah dan cepat dengan suku bunga rendah yang terjangkau saat ini terjadi di sini untuk membantu Anda saat Anda sangat membutuhkannya. Ibu Ibrahim Maisara Lender adalah perusahaan pinjaman sejati yang berdedikasi untuk menyediakan solusi keuangan tim profesional dan berkualifikasi tinggi dapat melayani semua jenis keadaan keuangan. Apakah Anda membeli atau membangun rumah baru, berinvestasi di bisnis, properti investasi, Menjalankan Proyek, membiayai kembali atau mengkonsolidasikan pinjaman Anda yang ada, atau bahkan membeli mobil baru, kami dapat membantu Anda mendapatkan kesepakatan terbaik.

24 jam sehari, bahkan akhir pekan dan hari libur - proses online otomatis kami memberi Anda akses mudah ke solusi keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Bila Anda membutuhkan bantuan dari Ibu Ibrahim Maisara Lender sangat terlatih agen layanan pelanggan, hubungi kami. Agen kami berdiri tujuh hari seminggu untuk membantu Anda. Untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya, Kami menawarkan berbagai macam pinjaman dan pembiayaan dengan berbagai metode pendanaan kepada pelanggan.

Kami ingin setiap pelanggan puas dengan layanan kami, dan kami terus mendorong maju dengan teknologi baru untuk mewujudkan tujuan ini. Kami mengerti bahwa klien kami menginginkan solusi positif dan layanan yang luar biasa saat memilih pinjaman untuk memperbaiki kehidupan pelanggan kami. Dan membantu mereka memecahkan masalah uang mereka. Jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini Via:

Http: // ibrahimmaisaralenders.wordpress.com
Email: Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
BBM INVITE: D8CFF0A7

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Lady Jane mengatakan...

kabar baik!!!!

Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

Adriana Malkova mengatakan...

Halo,
Apakah Anda mencari pinjaman? Apakah Anda memerlukan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Perumahan / Properti, Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena suatu alasan atau yang lain? Maka Anda berada di tempat yang tepat, karena solusi pinjaman Anda ada di sini! Di Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova kami membatasi pemberian pinjaman kepada perusahaan dan perorangan untuk tingkat bunga 2% rendah dan terjangkau. Silahkan hubungi kami via e-mail hari ini di adrianamalkovaloan@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Lender Anthony Yuliana memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui ((anthony.yulianalenders@gmail.com))

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

maria mengatakan...

Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami meminjamkan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi dengan harga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) nama:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Status perkawinan:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi di tempat kerja:
9) penghasilan bulanan:
10) Jumlah pinjaman:
11) Jangka waktu pinjaman:
12) Tujuan pinjaman:
13) Tanggal Lahir:
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

Arab Credit Group mengatakan...

Kami selalu senang membantu orang-orang dengan masalah keuangan dan mereka
yang ingin memulai bisnis Kami bersedia dan siap membantu Anda dengan
pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda dan menjadi stabil
secara finansial dalam kehidupan. Jika Anda siap untuk mendapatkan pinjaman
dari kami hubungi kami.

Firm - Arab Credit Group
Email-Arabcreditgroup@gmail.com

Engr. Habibie Hidayat mengatakan...

Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}{habibiehidayat1@gmail.com}

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Queen Lisa Efendi mengatakan...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

rossa stanley loan mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

* Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pembayaran jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook resmi: rossa stanley mendukung
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) posisi di tempat kerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Jangka Waktu Pinjaman:

12) nama facebook:

13) Nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.comApakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

* Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pembayaran jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook resmi: rossa stanley mendukung
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) posisi di tempat kerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Jangka Waktu Pinjaman:

12) nama facebook:

13) Nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Unknown mengatakan...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada Maret 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 3-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman bahwa ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

ELINA JOHNSON mengatakan...

Halo,
 Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan peminjaman pinjaman, diberikan dan diberi izin untuk menawarkan pinjaman kepada perorangan, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi yang Anda investasikan untuk pinjaman Anda, sehingga Anda tidak bangkrut lagi dalam hidup Anda dan tawaran luar biasa ini datang dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

Layanan kami meliputi hal-hal berikut:

* Pinjaman pribadi
* Pinjaman Terjamin
* Pinjaman tidak dipagari
* Hasil pinjaman
* Pelatihan Pinjaman
* Pinjaman gadai pinjaman
* Pembayaran pinjaman
* Pinjaman mahasiswa
* Pinjaman Komersial
* Pinjaman Otomatis
* Resolusi Pinjaman
* Pinjaman Pengembangan
* Dept pinjaman pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman pendidikan
* Janji rusak

Silakan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami lebih baik melalui e-mail:
elinajohnson22@gmail.com


DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Status:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat ini di tempat kerja:
10) Penghasilan Bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah Anda mendaftar sebelumnya:
16) Tanggal lahir:
Terima kasih,
Mrs Elina Johnson (elinajohnson22@gmail.com)

ELINA JOHNSON mengatakan...

Halo,
 Saya Nyonya Elina Johnson, dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM, inilah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan peminjaman pinjaman, diberikan dan diberi izin untuk menawarkan pinjaman kepada perorangan, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tingkat manfaat rendah sebanyak 2%.

Saya Nyonya Elina Johnson, akan memberikan yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi yang Anda investasikan untuk pinjaman Anda, sehingga Anda tidak bangkrut lagi dalam hidup Anda dan tawaran luar biasa ini datang dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email elinajohnson22@gmail.com

Layanan kami meliputi hal-hal berikut:

* Pinjaman pribadi
* Pinjaman Terjamin
* Pinjaman tidak dipagari
* Hasil pinjaman
* Pelatihan Pinjaman
* Pinjaman gadai pinjaman
* Pembayaran pinjaman
* Pinjaman mahasiswa
* Pinjaman Komersial
* Pinjaman Otomatis
* Resolusi Pinjaman
* Pinjaman Pengembangan
* Dept pinjaman pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman pendidikan
* Janji rusak

Silakan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami lebih baik melalui e-mail:
elinajohnson22@gmail.com


DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Status:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat ini di tempat kerja:
10) Penghasilan Bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan Pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah Anda mendaftar sebelumnya:
16) Tanggal lahir:
Terima kasih,
Mrs Elina Johnson (elinajohnson22@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {33753893351}
e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

AKHIMIENNOSA mengatakan...

Dengan uang tunai, Anda bisa keluar dari masalah .......email: akhimiennosakhale@gmail.com

AKHIMIENNOSA mengatakan...

Dengan uang tunai, Anda bisa keluar dari masalah .......email: akhimiennosakhale@gmail.com

Arya Theresia mengatakan...

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
Terima kasih
Arya Theresia

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Mariam Farid mengatakan...

Saya Mrs. Mariam Farid, pemberi pinjaman pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, mengembangkan bisnis, atau melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan tingkat bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak tekanan atau pekerjaan kertas dan dengan jadwal cicilan bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan bagikan kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

Merissa Ahmed mengatakan...

Jawaban terbaik untuk hutang Anda
Jawaban terbaik untuk keuangan Anda yang bermasalah
Jawaban Terbaik untuk rencana Proyek Anda
Jawaban terbaik untuk pinjaman mobil Anda
Jawaban Terbaik untuk pinjaman Bisnis Anda
Adalah ... ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
What'sApp:[+44]7480 729811
☎.............:[+44]7480 729811
e_mail..[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
https://twitter.com/ISKANDARLESTAR2 [twitter.com]
https://iskandarlestari.wordpress.com/ [wordpress]
https://www.facebook.com/iskandar.lesteri.7 [facebook]
http://iskandarlestariloansfirm.blogspot.com/ [blogspot]
https://www.instagram.com/iskandar_lestari_loan_firm/ [instagram]
Signed:
Management.
Best Regards.
Status:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
© Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

Posting Komentar